UMM Institutional Repository

TEKNIK KOMUNIKASI POLISI DALAM PROSES INTEROGASI Studi Pada Kasus Penipuan dan Pencurian di Polsek Karangploso Malang

WIJAKSONO, DIAN BUDI (2012) TEKNIK KOMUNIKASI POLISI DALAM PROSES INTEROGASI Studi Pada Kasus Penipuan dan Pencurian di Polsek Karangploso Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianbudiwi-29113-1-pendahul-n.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianbudiwi-29113-2-babi.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Teknik Komunikasi Polisi Dalam Proses Interogasi, diawali oleh ketertarikan peneliti terhadap beragamnya karakter dari pihak yang diinterogasi oleh polisi. Tentu keberagaman tersebut mengharuskan polisi menggunakan teknik komunikasi yang berbeda di dalam setiap proses interogasi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik komunikasi yang digunakan oleh polisi dalam proses interogasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep-konsep mengenai teknik komunikasi. Adapun teknik komunikasi tersebut adalah teknik komunikasi koersif, komunikasi persuasif, komunikasi informatif, komunikasi instruktif dan komunikasi hubungan manusiawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian kualitatif deskriptif dan dasar penelitian yaitu naturalistik. Penelitian ini dilakukan di Polsek Karangploso Malang. Dalam penentuan subjek penelitian, peneliti memiliki kriteria-kriteria, antara lain anggota Polisi Polsek Karangploso yang masih aktif bekerja, anggota Polisi Polsek Karangploso yang tergabung dalam unit Resese dan Kriminal (Reskrim) serta anggota Polsek Karangploso yang tergabung dalam unit Reskrim yang telah melakukan interogasi minimal sepuluh kali. Adapun subjek penelitian yang sesuai kriteria adalah Kepala Unit Reserse dan Kriminal beserta kelima anggotanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi tersrtruktur, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan model dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan conclusing drawing. Untuk mengetahui keabsahaan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah, penyidik (polisi) menggunakan beberapa teknik komunikasi dalam proses interogasi, diantaranya, teknik komunikasi koersif, komunikasi persuasif dan komunikasi hubungan manusiawi. Penggunaan teknik komunikasi tersebut tergantung dari karakter pihak yang diinterogasi bukan dari kasus yang dialami. Untuk peneliti selanjutnya dapat mengkaji penelitian ini dari beragam aspek seperti etika komunikasi, kondisi psikologis pihak yang diinterogasi, komunikasi non verbal saat diinterogasi dan lainnya. Sedangkan untuk pihak kepolisian, perlu adanya pendidikan khusus mengenai teknik komunikasi dan pendidikan psikologi dalam menginterogasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 21 Apr 2016 02:45
Last Modified: 21 Apr 2016 02:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27580

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo