UMM Institutional Repository

POLA KOMUNIKASI PEMBANGUNAN KOTA BLITAR DALAM BIDANG EKONOMI (Studi pada Kebijakan Pemerintah Kota Blitar Dalam Inovasi Ekonomi Kerakyatan)

Puspitasari, Virgianti Dyah (2012) POLA KOMUNIKASI PEMBANGUNAN KOTA BLITAR DALAM BIDANG EKONOMI (Studi pada Kebijakan Pemerintah Kota Blitar Dalam Inovasi Ekonomi Kerakyatan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-virgiantid-29117-1-pendahul-n.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-virgiantid-29117-2-babi.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Pembangunan di Kota Blitar dalam bidang ekonomi memusatkan perhatian untuk meningkatkan perekonomian masyarakat lokalnya. Maka dirumuskanlah kebijakan yang inovatif mengenai pelarangan pembangunan mal di wilayah Kota Blitar. Ternyata hal itu benar-benar berhasil membuat perekonomian masyarakat meningkat bahkan berdampak pada peningkatan pendapatan pemerintah daerah sendiri. Bukan hanya itu, karena kebijakan tersebut, Kota Blitar mendapatkan penghargaan otonomi award sebagai Kota Inovatif di Bidang Ekonomi Lokal. Kesuksesan-kesuksesan yang diraih Kota Blitar itu tentu saja tidak lepas dari peranan komunikasi pembangunan yang diterapkan pemerintah daerah Kota Blitar dan masyarakatnya. Karena itulah peneliti membuat rumusan masalah yaitu “bagaimana pola komunikasi Kota Blitar dalam inovasi ekonomi kerakyatan”. Tujuannya adalah untuk memahami dan memberi gambaran tentang pola komunikasi pembangunan Kota Blitar dalam inovasi ekonomi kerakyatan sehingga dapat memberikan rekomendasi yang bermanfaat bagi pembangunan Kota Blitar dalam inovasi kerakyatan selanjutnya. Tipe yang digunakan pada penelitian ini adalah tipe kualitatif deskriptif. Pada tipe penelitian ini peneliti mencoba mendeskripsikan atau menganalisis suatu fenomena yang tidak bergantung pada pengukuran variable. Untuk memperoleh subyek penelitian menggunakan purposive sampling yang berdasar pada pengambilan sumber data dengan maksud atau pertimbangan tertentu, yaitu pada seseorang yang dianggap mengetahui informasi secara mendalam. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini digunakan teori difusi inovasi, yaitu untuk menjelaskan proses penyebaran suatu kebijakan yang dikeluarkan pemerintah kota Blitar sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuannya. Teori ini dianggap paling pas untuk menjelaskan fenomena yang terjadi dalam pembangunan ekonomi di Kota Blitar Hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi pembangunan yang terjadi di Kota Blitar menggunakan pola komunikasi segala arah yang sesuai dengan sistem pembangunan partisipatif. Pemerintah dan masyarakat Kota Blitar membentuk jaringan yang dinamis dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai elemen dalam pembangunan. Dalam proses pembangunan terjadi komunikasi antara pemerintah Kota Blitar dengan masyarakatnya, mulai dari perumusan suatu kebijakan yang akan digunakan, proses penyebarannya, hingga evaluasi terhadap pembangunannya. Komunikasi yang dilakukan di Kota Blitar melalui beberapa saluran. Saluran resmi maupun tidak resmi, komunikasi langsung maupun tidak langsung. Saluran resmi pemerintah Kota Blitar yang digunakan sebagai dasar pelaksanaan pembangunan bernama Musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 21 Apr 2016 02:33
Last Modified: 21 Apr 2016 02:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27573

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo