UMM Institutional Repository

STUDI KASUS TENTANG PESAN-PESAN NON-VERBAL PADA TAMPILAN FISIK GAY DI IKATAN GAYA AREMA (IGAMA) MALANG

Fardani, Umar (2012) STUDI KASUS TENTANG PESAN-PESAN NON-VERBAL PADA TAMPILAN FISIK GAY DI IKATAN GAYA AREMA (IGAMA) MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-umarfardan-29145-1-pendahul-n.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-umarfardan-29145-2-babipu-i.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan adanya pandangan atau stigma yang abu-abu dari masyarakat yakni, ada yang mendukung dan juga ada yang menolak keberadaan kaum gay. Namun realita yang terlihat jelas bahwa keberadaan kaum gay saat ini masih dipandang sebelah mata bahkan tersisihkan dari masyarakat luas. Sehingga tidak menutup kemungkinan kaum gay ini mencari cara agar tetap eksis di ruang lingkup mayarakat sekitar yaitu dengan cara komunikasi non-verbal untuk sarana mengenali teman sehati atau komunitasnya serta untuk mengetahui seorang laki-laki tersebut tergolong gay atau bukan. Berhubungan dengan hal tersebut, komunikasi non verbal yang digunakan adalah tampilan fisik yang mana lebih mengarah terhadap fahion kaum gay dalam berkomunikasi secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu juga ditambahkan juga dari bahasa tubuh yang digunakan untuk menunjang hasil penelitian tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan tipe deskriptif kualitatif dengan metode Case Studies (studi kasus) di mana studi yang mengeksplorasi suatu masalah dengan batasan terperinci, memiliki pengambilan data yang mendalam, dan menyertakan berbagai sumber informasi. Sedangkan sampling ditentukan melalui purposive sampling dengan beberapa kriteria yang harus dimiliki; gay berumur (25-40 tahun), pernah atau tergabung dalam organisasi IGAMA lebih dari sama dengan 1 tahun, dan bersedia diwawancara sebagai informan. Berdasarkan tiga kriteria tersebut ada 4 (empat) gay yang dapat dijadikan subyek penelitian. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa dalam mengidentifikasi seseorang yang baru dikenal termasuk gay atau bukan, informan lebih memperhatikan dari bahasa tubuh orang tersebut, seperti cara jalan, cara bicara, gerak tubuh, sorotan atau tatapan mata, serta ada juga yang lebih mengandalkan feeling-nya atau gayradar, begitu mereka menyebutnya. Namun dewasa ini tampilan fisik yang diutarakan oleh para informan sudah banyak diadopsi oleh masyarakat umum terutama cowok. Banyak cowok mengenakan tampilan fisik tersebut, dan cowok tersebut bukan gay. Jadi dalam penelitian ini informan dalam mengenali teman sehatinya yang belum dikenal lebih melihat dari bahasa tubuh, karena bahasa tubuh seseorang menunjukkan jati diri yang sebenarnya. Tampilan fisik boleh dikelabuhi, namun tidak untuk bahasa tubuh. Sepintar-pintarnya menutupi bahasa tubuh, masih saja ada yang tampak aslinya. Jadi dari keseluruhan kesimpulan diatas maka dapat dijelaskan bahwa pesan non-verbal menjadi lebih bermakna bagi orang lain apabila pesan-pesan tersebut dipahami oleh orang-orang yang terlibat dalam proses komunikasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 21 Apr 2016 02:18
Last Modified: 21 Apr 2016 02:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27565

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo