UMM Institutional Repository

IDE PEMBAHARUAN HUBUNGAN AGAMA DENGAN TRADISI DALAM NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL TINJAUAN ANTROPOLOGIS

AKBAR, MUH. RIJALUL (2013) IDE PEMBAHARUAN HUBUNGAN AGAMA DENGAN TRADISI DALAM NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL TINJAUAN ANTROPOLOGIS. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhrijalul-32386-2-babi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhrijalul-32386-1-pendahul-n.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Drs. Ajang Budiman, M.Hum (2) Dra. Tuti Kusniarti, M.Si., M.Pd Penelitian tentang “Ide Pembaharuan Hubungan Agama dengan Tradisi dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral Tinjauan Antropologis” ini berusaha untuk menemukan bentuk-bentuk dari ide pembaharuan hubungan agama dengan tradisi. Pemilihan novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral ini didasarkan pada pemikiran bahwa novel tersebut membahas tentang pembauran antara agama dan tradisi yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, dan kemudian direkam dalam karya tulis berupa karya sastra yaitu novel. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk dari hubungan antara agama dan tradisi. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa hal-hal tersebut memiliki peran cukup penting yang digunakan untuk mengetahui bentuk-bentuk hubungan agama dan tradisi dalam karya sastra. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kebudayaan (antropologi) yang dikemukakan oleh Koentjaraningrat yang lebih dikenal dengan tiga wujud kebudayaan (ide, aktivitas, dan benda). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan antropologis. Adapun sumber datanya adalah novel yang berjudul Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. Wujud datanya berupa beberapa kalimat dan kutipan-kutipan dalam novel yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tekstual (pustaka) dan penganalisisannya menggunakan teknik deskriptif (mendeskripsikan kalimat/kutipan yang berkaitan dengan hubungan antara agama dan tradisi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ide pembaharuan hubungan agama dengan tradisi memiliki berbagai bentuk di antaranya; (1) wujud kebudayaan sebagai kompleks dari ide, (2) kompleks aktivitas serta tindakan berpola masyarakat, dan (3) benda-benda hasil karya manusia dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral kurang harmonis ketika ide pembaharuan yang diajarkan oleh Kiai Dahlan menyinggung ide-ide dalam beragama yang telah menjadi tradisi dan budaya dalam masyarakat. Hal ini menimbulkan ketegangan dalam masyarakat, sehingga fungsi agama sebagai pemersatu masyarakat dan penentram jiwa tidak berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 21 Apr 2016 01:55
Last Modified: 21 Apr 2016 01:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27557

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo