UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DI KELAS VII-A SMP AL-ITTIHAD PUTRI CAMPLONG-SAMPANG

Fara, Syafirah (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DI KELAS VII-A SMP AL-ITTIHAD PUTRI CAMPLONG-SAMPANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syafirahfa-33419-1-pendahul-n.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syafirahfa-33419-2-babi.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Pembimbing :(1) Drs. Fauzan, M.Pd (2) Dra. Tuti Kusniarti, M.Si, M.Pd Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi Bahasa Indonesia di SMP Al-Ittihad Putri Camplong-Sampang, diketahui bahwa pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas VII-A banyak peserta didik yang tidak tuntas dalam pembelajaran berbicara. Rendahnya aktivitas belajar peserta didik disebabkan oleh banyaknya peserta didik yang kurang percaya diri dan penggunaan metode pembelajaran yang banyak menerangkan teori daripada praktik, sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VII-A Al-Ittihad Putri Camplong; (2) untuk mendeskripsikan hasil kemampuan berbicara siswa dengan tipe TPS (Think-Pair-Share). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dalam 2 siklus. Data penelitian diperoleh melalui teknik tes, observasi, dan studi dokumenter. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Indonesia dan 24 siswi kelas VII-A SMP Al-Ittihad putri Camplong. Data penelitian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS berbentuk kegiatan think (berpikir), pair (berpasangan) dan share (berbagi). Hasil kemampuan berbicara siswa mengalami peningkatan dari hasil peserta didik yang tuntas pada siklus 1, presentase peserta didik yang tuntas adalah 58,3% dan mengalami peningkatan sebesar 13,22% sehingga pada siklus II adalah 87,5%. Sedangkan hasil rata-rata peserta didik pada siklus I sebesar 62,62 dan meningkat pada siklus II yaitu nilai rata-rata menjadi 75,83.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 21 Apr 2016 01:20
Last Modified: 21 Apr 2016 01:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27544

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo