UMM Institutional Repository

ANALISIS KRITIK SOSIAL PADA RUBRIK WAYANG DURANGPO KARYA SUJIWO TEJO DALAM SURAT KABAR HARIAN JAWA POS EDISI OKTOBER-DESEMBER 2011

ROYANI, IDAH (2013) ANALISIS KRITIK SOSIAL PADA RUBRIK WAYANG DURANGPO KARYA SUJIWO TEJO DALAM SURAT KABAR HARIAN JAWA POS EDISI OKTOBER-DESEMBER 2011. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-idahroyani-33418-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-idahroyani-33418-2-babi.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (I) Dr. Arif Budi Wurianto, M.Si (II) Dr. Eka Rini Saraswati, M.Pd Suatu interaksi di dalam masyarakat membutuhkan bentuk komunikasi. Komunikasi yang disampaikan mengungkapkan suatu bentuk kritik terhadap perilaku sosial. Gambaran-gambaran bentuk tingkah laku yang terjadi dari para pejabat negara. Suatu bentuk ketidakadilan pemerintah yang berperilaku menguasai. Para anggota dewan yang saling berebut kekuasaan. Kritik sosial tersebut teraktualisasi dalam penyajian ungkapan melalui Wayang Durangpo karya Sujiwo Tejo. Kritik Sosial adalah salah satu bentuk komunikasi masyarakat yang memberikan pengaruh pada bentuk tingkah laku terhadap masyarakat. Penelitian ini menggunakan kajian sosiologi sastra sebagai dasar untuk menganalisis. Sastra merupakan cermin langsung dari berbagai struktur pribadi dengan hubungan sosial, dan lain-lain. Oleh sebab itu, di sini tugas sosiologi sastra menghubungkan pengungkapan pengarang dengan keadaan bangsa Indonesia sekarang ini. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat diklasifikasikan yaitu, (1) kritik sosial berdasarkan tokoh dalam Wayang Durangpo misalnya tokoh Tintin yaitu sebagai pejabat negara yang mecehkan petinggi negara, (2) kritik sosial berdasarkan karakter dalam Wayang Durangpo misalnya karakter pada Poliwang yang kurang tegas dalam bertugas untuk membenarkan dan menagkap yang salah, (3) kritik sosial berdasarkan dialog dalam Wayang Durangpo misalnya dialog antara dokter Tika dan Dewi Manohara yang saling bercakap-cakap dalam menilai orang Malaysia, dan (4) kritik sosial berdasarkan Amanat dalam Wayang Durangpo misalnya amanat pada Kinclong Banyuwangi Bagi Asterix yang memberi amanat bagi bangsa Indonesia untuk menjaga sejarah negaranya agar tidak diakui bangsa lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:24
Last Modified: 20 Apr 2016 08:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27542

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo