UMM Institutional Repository

PEMANFAATAN WEBSITE PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE OLEH ANGGOTA (Studi pada Mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Persaudaraan Setia Hati Terate Universitas Negeri Malang)

Dewa, Armanda Rissang Wisa (2012) PEMANFAATAN WEBSITE PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE OLEH ANGGOTA (Studi pada Mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Persaudaraan Setia Hati Terate Universitas Negeri Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-armandaris-29150-1-pemanfaa-a.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-armandaris-29150-2-babi.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Website sangat diperlukan dalam organisasi (kelompok), karena dengan adanya website dalam organisasi ada beberapa hal yang bisa diperoleh dari website tersebut untuk organisasi tersebut dibandingkan dengan organisasi yang tidak memiliki website. Bisa dikatakan website adalah roda dari sebuah mobil, tanpa adanya roda sebuah mobil tidak bisa berjalan. Sebagaimana website untuk sebuah organisasi, tanpa adanya website sebuah organisasi akan sulit untuk memberikan informasi kepada anggotanya. Apalagi dengan organisasi besar yang telah mempunyai cabang yang tersebar di Indonesia. Dengan adanya website Persaudaraan Setia Hati Terate ini, anggota dari organisasi ini dapat dengan mudah mendapatkan perkembangan informasi dari setiap cabang-cabang organisasi dengan mudah dan akurat. Penggunaan media dapat diartikan sebagai suatu bentuk pemahaman dari pemanfaatan media komunikasi. Dimana subjek penelitian ini adalah mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Persaudaraan Setia Hati Terate Universitas Negeri Malang. Website Persaudaraan Setia Hati Terate ini memudahkan para mahasiswa atau subjek penelitian untuk mencari informasi tentang perkembangan organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate, memberikan informasi sesama anggota dan berkomunikasi sesama anggota yang berada diluar daerah. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification. Terpaan media dapat dilihat melalui bagaimana mahasiswa memanfaatkan website dan menggunakan fasilitas yang disediakan untuk ikut terlibat dan berperan dalam media tersebut. Dalam penelitian ini, subjek penelitian yakni mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Persaudaraan Setia Hati Terate Universitas Negeri Malang memanfaatkan fasilitas pada bagian Kabar Persaudaraan Setia Hati Terate dengan memberikan informasi penting untuk dipublikasikan oleh pusat organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif dan metode studi. Penggalian data dilakukaan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan hasil dari penelitian ini menunjukkan manfaat dari pemanfaatan Website Persaudaraan Setia Hati Terate dikalangan mahasiswa yaitu, (1) Mengetahui informasi perkembangan organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate (2) Menambah teman baru/ relasi dan (3) Bertukar informasi dengan teman yang berada di daerah lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 20 Apr 2016 06:54
Last Modified: 21 Apr 2016 02:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27538

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo