UMM Institutional Repository

THE STUDY ON STUDENT WORKSHEET USED BY STUDENT TEACHERS IN THE 1ST GRADE OF EYL COURSE AT ENGLISH DEPARTMENT OF UMM

FIRDAUS, RAMDAN (2013) THE STUDY ON STUDENT WORKSHEET USED BY STUDENT TEACHERS IN THE 1ST GRADE OF EYL COURSE AT ENGLISH DEPARTMENT OF UMM. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ramdanfird-32968-1-introduc-n.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ramdanfird-32968-2-chapteri.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Telah menjadi kecenderungan yang berkembang dikalangan masyarakat Indonesia untuk memperkenalkan bahasa inggris sejak dini, entah melalui pendidikan formal atau pun informal. Hal tersebut dapat dilihat dari menjamurnya kursus-kursus bahasa inggris, utamanya untuk anak-anak. they percaya bahwa jika anak usia dini belajar bahasa inggris, hasil nya akan lebih baik. Tetapi asumsi tersebut tidak lah seratus persen benar. Mengajar bahasa inggris untuk anak usia dini bukan pekerjaan mudah, hanya dengan penanganan yang benar hal itu akan berhasil sesuai harapan dan juga beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam mengajar bahasa inggris pada usia dini, salah satunya adalah lembar kerja siswa (LKS). Ada beberapa tipe LKS yang cocok untuk anak usia dini. Penulis mencoba untuk menemukan beberapa tipe dan komponen bahasa dalam LKS yang digunakan oleh guru-guru yang mengajar siswa kelas 1 pada kursus EYL di UMM dan juga menjelaskan bagaimana mereka menerapkannya. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah LKS yang digunakan oleh guru-guru praktikan yang mengajar siswa kelas 1 pada kursus EYL di UMM tahun ajaran 2012-2013. Instrument yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru-guru praktikan yang mengajar siswa kelas 1 pada kursus EYL di UMM tahun ajaran 2012-2013 hanya menggunakan tiga tipe LKS diantaranya, mewarnai, mencocokkan, dan puzzle. Padahal, tipe LKS itu sendiri ada tujuh tipe. Sedangkan penggunaan komponen bahasa inggris dalam LKS, semuanya telah digunakan. Tetapi, guru-guru kurang memperhatikan dalam penggunaan kalimat perintah dan tanda baca. Kesimpulannya, LKS yang digunakan oleh guru-guru praktikan yang mengajar siswa kelas 1 pada kursus EYL di UMM kurang memenuhi criteria, karena mereka hanya menggunakan tiga tipe LKS, padahal sebenarnya ada tujuh tipe LKS.sedangkan penggunaan komponen bahasa inggris dalam LKS, semuanya telah digunakan. Dan juga terdapat kelemahan dalam penggunaan kalimat perintah dan tanda baca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of English Language Education (88203)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 20 Apr 2016 06:34
Last Modified: 20 Apr 2016 06:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27522

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo