UMM Institutional Repository

PANDANGAN PEMBACA WANITA TERHADAP HALAMAN FOR HER KORAN JAWA POS

Sholihah, MarÂ’atush (2012) PANDANGAN PEMBACA WANITA TERHADAP HALAMAN FOR HER KORAN JAWA POS. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maratushsh-29178-1-pendahul-n.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maratushsh-29178-2-babi.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermula dari informasi mengenai prestasi Jawa Pos dalam meraih penghargaan Indonesian’s Most Favorite Women Brand 2011 versi marketers pada tanggal 12 Agustus 2011. Dari informasi tersebut, peneliti ingin mengetahui seberapa besar media Jawa Pos mengakomodir kebutuhan informasi pembacanya, terutama pembaca wanita. Sehingga peneliti mengangkat rumusan masalah “seberapa besar tingkat kesesuaian antara agenda Jawa Pos dengan agenda pembaca ?” Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan teori agenda setting pada media Jawa Pos, dengan cara mengetahui tingkat kesesuaian antara agenda Jawa Pos dengan agenda pembacanya. Penelitian ini menggunakan studi agenda setting pada halaman For Her edisi 13 November-13 Desember 2011. Teori agenda setting berasumsi bahwa media massa tidak dapat mempengaruhi orang untuk mengubah sikap, tetapi media massa cukup berpengaruh terhadap apa yang dipikirkan pembaca. Dengan kata lain media massa mempengaruhi persepsi pembaca tentang apa yang dianggap penting (Rakhmat, 2005: 200). Pembaca akan menganggap suatu tema penting jika media menganggap tema tersebut penting juga. Pada mulanya studi agenda setting yang diawali oleh McCombs dan Shaw (1972) hanya memfokuskan pada efek agenda setting media terhadap khalayak. Namun pada awal tahun 1992, fokus penelitian agenda setting mulai bergeser dari agenda media menjadi agenda khalayak. Penelitian tersebut dilakukan oleh Charlote Observer dan WSOC-TV di Charlotte, Carolina Utara yang produksi beritanya lebih diarahkan oleh agenda pemilih dalam pemilu, dan menggunakan agenda tersebut untuk dasar liputan politiknya (Weaver, 1999:15). Metode dari penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe eksplanatif, yaitu menjelaskan hubungan antara dua variabel. Variabel yang diuji adalah agenda Jawa Pos dan Agenda pembaca. Untuk memperoleh data dari agenda Jawa Pos, peneliti menggunakan teknik analisis isi pada Jawa Pos For Her edisi 13 November-13 Desember 2011, dengan total 267 naskah. Peneliti membuat sembilan kategori tema yaitu; (1) Relationship, (2) Kecantikan & Kesehatan, (3) Fashion, (4) Parenting, (5) Hobby & Pets, (6) Karier, (7) Dapur dan Makanan, (8) Rumah Idaman, (9) Hot Papa. Sedangkan untuk memperoleh data agenda pembaca, peneliti melakukan survey pembaca di Desa Landungsari dengan menyebar kuisioner yang berisi persepsi pembaca terhadap sembilan kategori tema tersebut. Peneliti mengambil 47 orang sebagai sampel, dari total 86 populasi pembaca. Setelah itu, peneliti menganalisis data yang terkumpul dengan menggunakan rumus spearman’s Rho Rank Order-Correlation. Dari hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut; urutan ranking tema berdasarkan agenda media adalah (1) Relationship, (2) Karier, (3) Kecantikan & Kesehatan, (4) Hobby & Pets, (5) Parenting, (6) Fashion, (7) Dapur & Makanan, (8) Rumah Idaman, (9) Hot Papa. Sedangkan urutan ranking tema berdasarkan agenda pembaca adalah (1) Parenting, (2) Relationship, (3) Kecantikan & Kesehatan, (4) Fashion, (5) Dapur dan Makanan, (6) Karier, (7) Hot Papa, (8) Hobby & Pets, (9) Rumah Idaman. Nilai dari tingkat kesesuaian antara dua agenda tersebut atau Rho hitung adalah 0,48. Sedangkan Rho tabel dengan N=9 adalah 0,683. Dari perhitungan tersebut

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 20 Apr 2016 06:23
Last Modified: 20 Apr 2016 06:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27513

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo