UMM Institutional Repository

APRESIASI MAHASISWA TERHADAP TAYANGAN "OPERA VAN JAVA" DI TRANS7 (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMM Angkatan 2008)

Anissa, Lilis Nur (2012) APRESIASI MAHASISWA TERHADAP TAYANGAN "OPERA VAN JAVA" DI TRANS7 (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMM Angkatan 2008). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lilisnuran-29179-1-1.penda-n.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lilisnuran-29179-2-babi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Stasiun Trans7 adalah salah satu stasiun televisi nasional yang mempunyai komitmen dalam melestarikan budaya Indonesia yang mulai ditinggalkan oleh masyarakat. Salah satu program acara yang mengangkat budaya Indonesia adalah acara komedi Opera Van Java (OVJ). Ide ceritanya adalah pertunjukkan wayang orang versi modern. Dahulu perwayangan jawa sangat digemari oleh masyarakat tetapi zaman sekarang pertunjukan wayang dianggap sebagai pertunjukan kuno. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah yakni bagaimana apresiasi mahasiswa terhadap tayangan Opera Van Java (OVJ) di Trans7. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apresiasi mahasiswa terhadap tayangan tersebut. Menurut S. Effendi, apresiasi adalah upaya atau proses menikmati, memahami dan menghargai suatu karya sastra secara kritis, sehingga tumbuh pengertian, penghargaan dan kepekaan pikiran kritis dan kepekaan pikiran yang baik terhadap karya seni. Tahap-tahap dalam mengapresiasi program televisi menurut Maidar G. Arsyad yaitu penikmatan, penghargaan, pemahaman, penghayatan dan penerapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan terhadap unsur sinematik yang terdapat dalam tayangan OVJ. Unsur sinematik dalam tayangan tersebut meliputi penilaian tentang kostum, acting, tata panggung dan adanya bintang tamu dalam pertunjukan OVJ.menggunakan metode penelitian survei. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2008. Sampel penelitian berjumlah 84 orang yang ditentukan dengan menyebarkan angket pra survei dengan ketentuan pernah menonton lebih dari 3 kali dalam seminggu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Pengukuran menggunakan kriteria skala Likert. Teknik analisa datanya menggunakan rumus mean dan kemudian dibuatkan tabel interval. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dalam mengapresiasi tayangan OVJ tergolong dalam kategori cukup baik yakni ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 3,4. Pengukuran dalam penelitian ini meliputi aspek penikmatan, penilaian, pemahaman, penghayatan dan penerapan. Dari semua aspek tersebut diperoleh nilai rata-rata tertinggi yakni pada aspek penilaian. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa jurusan ilmu komunikasi mengapresiasi tayangan OVJ berupa pemberian penilaian yakni berkaitan dengan penilaian terhadap unsur sinematik yang terdapat dalam tayangan OVJ. Unsur sinematik dalam tayangan tersebut meliputi penilaian tentang kostum, acting, tata panggung dan adanya bintang tamu dalam pertunjukan OVJ.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 20 Apr 2016 06:19
Last Modified: 13 Mar 2018 03:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27510

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo