UMM Institutional Repository

OPINI AUDIENS TENTANG ACARA BELAJAR INDONESIA DI TRANS TV (Studi pada Siswa Kelas X dan XI SMAN 1 Sangatta Utara, Kutai Timur, Kalimantan Timur)

RAHAYU, DWI FITRI (2012) OPINI AUDIENS TENTANG ACARA BELAJAR INDONESIA DI TRANS TV (Studi pada Siswa Kelas X dan XI SMAN 1 Sangatta Utara, Kutai Timur, Kalimantan Timur). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwifitrira-29192-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwifitrira-29192-2-babi.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

Salah satu program televisi yang mengangkat tema tentang kebudayaan adalah tayangan Belajar Indonesia yang disiarkan oleh Trans TV. Program yang masuk dalam magazine ini terlihat seorang Warga Negara Asing ( WNA ) yang biasa dipanggil “bule” oleh masyarakat kita, dengan senang hati mempelajari kebudayaan asli negara kita. Di setiap tayangannya menampilkan satu kebudayaan yang berbeda-beda. Tokoh si “bule” pun juga berbeda, tetapi ada kalanya si “bule” pernah terlibat dalam beberapa episode tayangan Belajar Indonesia. Keberadaan dari acara Belajar Indonesia ini menjadi ketertarikan tersendiri bagi peneliti, sehingga peneliti ingin mengetahui opini dari pelajar tentang acara Belajar Indonesia di Trans TV. Menurut William Albiq (Olii, 2007:20) opini publik adalah suatu jumlah dari pendapat individu-individu yang diperoleh melalui perdebatan dan opini publik merupakan hasil interaksi antar individu dalam suatu publik. Program acara adalah susunan acara yang diproses oleh redaksi dan disajikan oleh seorang presenter dengan menyajikan laporan tentang fakta atau pendapat orang yag terikat oleh waktu, yang menarik, dan penting bagi sejumlah orang tertentu yang diproses oleh redaksi dan disajikan oleh seorang presenter dengan menyajikan data input yang telah dipersiapkan sebelumnya. Definisi operasional dalam penelitian terdiri dari Opini terhadap format acara, Opini terhadap host/ presenter dan Opini terhadap setting tempat. Format penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sangatta Utara Kutai Timur Kalimantan Timur. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMAN 1 Sangatta Utara yang telah memenuhi kriteria populasi, dan didapatkan sebesar 165 siswa. Untuk penentuan jumlah sampelnya, peneliti menggunakan rumus Taro Yamane dan didapatkan jumlah sampel sebesar 55 orang responden. Teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan simple random sampling (Sampel Acak Sederhana). Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa Mean (rata-rata). Berdasarkan analisa data, di dapat kesimpulan sebagai berikut, siswa SMAN 1 Sangatta Utara sebagai responden dalam penelitian ini memberikan opini yang bagus. Hal ini dibuktikan dari hasil rata-rata sebanyak 2,59 yang masuk dalam interval 25 – 3 dan masuk dalam kategori bagus; sebagian besar Siswa SMA N 1 Sangatta Utara sebagai responden juga merasa bahwa acara Belajar Indonesia di Trans TV mampu memberikan pemahaman mereka terhadap kebudayaan di Indonesia; siswa SMAN 1 Sangatta Utara sebagai responden juga lebih menyukai apabila presenter/ host dalam acara Belajar Indonesia di Trans TV ini adalah orang asli Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 20 Apr 2016 03:03
Last Modified: 20 Apr 2016 03:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27463

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo