UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR KARIKATUR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS II DI SDN RANCANGKENCONO I KECAMATAN LAMONGAN KABUPATEN LAMONGAN

HARIANTO, (2013) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR KARIKATUR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS II DI SDN RANCANGKENCONO I KECAMATAN LAMONGAN KABUPATEN LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-harianto20-33153-2-babi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-harianto20-33153-1-pendahul-n.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Dari hasil pengamatan awal pada pembelajaran IPA materi bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan menunjukan bahwa guru belum menggunakan media pembelajaran yang membuat siswa banyak beraktifitas. Ini terlihat masih rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, dan hasil belajarnya pun rendah, terutama hasil belajar terhadap mata pelajaran IPA. Untuk itu, peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan judul ”Penggunaan media gambar karikatur untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas II SDN Rancangkencono I kecamatan Lamonga kabupaten Lamongan”. Penelitian Tindakan Kelas ini mencoba menggunakan media gambar karikatur dengan alasan bahwa secara teori metode ini dapat merangsang siswa untuk mengekspresikan opini tentang gambar dan siswa banyak beraktifitas dalam pembelajaran. Dengan menggunakan media gambar karikatur ini diharapkan pula siswa menjadi lebih senang, antusias dalam belajar dan motivasi siswa dalam belajarpun bertambah, sehingga mereka lebih mudah memahami materi, siswa dapat dengan mudah memehami dan menerapkan dalam kehidupan sehari- hari konsep pembelajaran IPA di sekolah dan hasil prestasi belajarnya pun meningkat. Pada Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk mengetahui minat siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media karikatur diadakan observasi dan penilaian setiap siklusnya dengan memberikan lembar tes formatif, terlihat pada akhir pelaksanaan tindakan di setiap siklus tampak ada peningkatan hasil belajar dari rata-rata nilai 50 pada pra PTK menjadi 63 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 77 nilai rata-rata pada siklus II, terlihat pada siklus II siswa dapat belajar dengan maksimal dan motivasi belajar siswapun bertambah, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar karikatur siswa menjadi lebih senang, antusias dalam belajar dan motivasi siswa dalam belajarpun bertambah, sehingga mereka lebih mudah memahami materi dan dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA. Kata Kunci : Media gambar karikatur, IPA, Meningkatkan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 Apr 2016 02:30
Last Modified: 20 Apr 2016 02:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27446

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo