UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN GONDANG LOR II KEC. SUGIO KAB. LAMONGAN

WAHYUNI, HATI (2013) PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN GONDANG LOR II KEC. SUGIO KAB. LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hatiwahyun-33154-2-babi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hatiwahyun-33154-1-pendahul-n.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi awal terhadap rendahnya respon dan hasil belajar IPA pokok bahasan energy pada siswa kelas III SDN Gondanglor II. Data menunjukkan dari 15 siswa kelas III SDN Gondanglor II 7 anak (46,67%) memperoleh nilai ≥ 65, sedangkan 8 anak (53,33%) mendapatkan nilai ≤ 60.Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis mencoba menggunakan Metode CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk membangkitkan respon dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Energi. Metode Contexstual Teaching and Learning: Konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan siswa secara nyata, sehingga siswa mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dalam kehidupan sehari – hari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan metode CTL pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi kelas III SDN Gondanglor II, (2)Mendeskripsikan peningkatan respon siswa dalam kegiatan pembelajaran pada siswa kelas III SDN Gondanglor II pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi setelah diterapkannya metode CTL, dan (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar meta pelajaran IPA pokok bahasan energi pada siswa kelas III SDN Gondanglor II setelah diterapkannya metode CTL. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari: perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Bertempat di SDN Gondanglor II Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa Hasil kegiatan Pembelajaran siklus I,terdapat 5 siswa (33.33%) belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar, sedangkan 10 siswa (66.67%) tuntas belajarnya dengan nilai rata-rata yang diperoleh 66,67. Berdasarkan kategori ketuntasan belajar yang telah ditentukan yaitu jika 80 persen siswa mencapai ketuntasan belajar dengan nilai minimal 65 maka kegiatan kegiatan Pembelajaran siklus I ini masih belum bisa dikatakan berhasil dan dilanjutkan pada kegiatan siklus II. Hasil kegiatan Pembelajaran siklus II, terdapat 2 siswa (13.3%) belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar, sedangkan 13 siswa (86.7%) tuntas belajarnya dengan nilai rata-rata yang diperoleh 70.7 atau terja dikenaikan rata-rata sebasar 10. Berdasarkan kategori ketuntasan belajar yang telah ditentukan yaitu jika 80 persen siswa mencapai ketuntasan belajar dengan nilai minimal 65 maka kegiatan kegiatan Pembelajaran siklus II ini bisa dikatakan berhasil. Kata Kunci: Motivasibelajar IPA, MetodeContextual Teaching and Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 Apr 2016 02:25
Last Modified: 20 Apr 2016 02:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27443

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo