UMM Institutional Repository

Konstruksi Media dalam Pemberitaan Kematian Moammar Khadafy (Analisis Framing pada Harian Media Indonesia dan Harian KOMPAS Edisi 21 Oktober – 30 Oktober 2011)

SASONGKO, WAHYU AJI (2013) Konstruksi Media dalam Pemberitaan Kematian Moammar Khadafy (Analisis Framing pada Harian Media Indonesia dan Harian KOMPAS Edisi 21 Oktober – 30 Oktober 2011). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyuajisa-30602-1-penduluh-n.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyuajisa-30602-2-babi.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas kematian Moammar Khadafy dalam serangkaian konflik di Libya. peristiwa kematian Khadafy lantas menjadi polemik di Libya, sebagian beranggapan kematian Khadafy terkait kondisi politik Libya. Hampir semua media massa memberitakan tentang kematian Khadafy. Polemik ini juga berkembang dan menjadi topik utama dalam dua surat kabar besar, yaitu Media Indonesia dan Kompas. Dalam memberitakan polemik kematian Khadafy, harian Kompas dan Media Indonesia tidak hanya menyajikannya dalam headline. Polemik ini diulas dalam berita berjenis hard news, investigation news, Interpretative News. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana pembingkaian yang dilakukan oleh harian Media Indonesia dan Kompas dalam memberitakan Konflik Libya tentang kematian Khadafy Adapun teori yang digunakan adalah Teori berita di media, Teori objektivitas media serta Teori ekonomi politik media massa yang meliputi Teori konstruksi realitas, Teori konstruksi media idealis dan pragmatis, dan Teori kebijakan redaksional dalam produksi teks berita. Teori-teori ini yang kemudian menjadi acuan bagi peneliti untuk melakukan penelitian ini. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan paradigma interpretatif. Yaitu penelitian yang menggunakan penafsiran (interpretasi) dalam menggali makna dan latar belakang dari produk media massa yang dihasilkan. Peneliti menggunakan interpretasi subyektif yang disesuaikan dengan fakta-fakta yang ada dalam teks berita. Peneliti berusaha menjelaskan bagaimana sebuah peristiwa dikonstruksikan oleh media dengan menggunakan metode analisis framing model Zongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil dari penelitian ini adalah pemberitaan mengenai Konflik Libya tentang kematian Khadafy di kontruksikan oleh Kompas sebagai bagian dari proses politik. Sementara Media Indonesia secara jelas memandang kematian Khadafy sebagai pelanggaran HAM. Objektivitas berita KOMPAS sangat berimbang terlihat dengan menempatkan narasumber pro-Khadafy dan anti-Khadafy. Sementara objektivitas berita Media Indonesia, narasumber dari pihak anti-khadafy ditempatkan dengan porsi lebih banyak dari pada narasumber pro-Khadafy untuk bertanggung jawab atas kematian Khadafy. Dalam memberitakan Konflik Libya tentang kematian Khadafy ini, Kompas memberitakan secara samar Khadafy meninggal akibat dibunuh oleh pasukan Nation Transition Council dan lebih mengulas pada kondisi politik Libya. Sementara Media Indonesia memberitakan terbunuhnya Khadafy merupakan suatu tindakan kriminal, oleh Media Indonesia diperkuat dengan fakta-fakta yang merujuk pada pihak yang bertanggungjawab atas meninggalnya Khadafy yaitu NTC dan negara-negara barat. Kedua media tersebut mengemas berita kematian Moammar Khadafy dengan menonjolkan sisi humanis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 20 Apr 2016 01:55
Last Modified: 20 Apr 2016 01:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27429

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo