UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS V DI SDN MANTUP I KECAMATAN MANTUP KABUPATEN LAMONGAN

CHRISTININGRUM, NOVI DYAH (2013) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS V DI SDN MANTUP I KECAMATAN MANTUP KABUPATEN LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novidyahch-33157-2-babi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novidyahch-33157-1-pendahul-n.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran menulis cerita pada bidang studi Bahasa Indonesia kelas V SDN Mantup I Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan, siswa masih mengalami kesulitan dalam menguasai materi ini. Hal ini disebabkan karena kurang menariknya penyajian cerita buku teks dengan bentuk kata-kata yang membosankan. Perlu diciptakan pembelajaran yang menarik, yaitu dengan memanfaatkan media gambar seri. Berdasarkan permasalahan di atas, penulis dapat merumuskan masalah, yaitu: 1)Bagaimanakah penggunaan gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa? 2)Bagaimanakah kemampuan siswa setelah memanfatkan gambar seri? Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media gambar seri, untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menggunakan gambar seri. Untuk memecahkan masalah tersebut, penulis menggunakan media gambar seri. Kriteria ketuntasan minimal yang harus dicapai siswa adalah 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Data yang diperoleh melalui observasi dan tes. Data yang diperoleh menunjukkan kemampuan siswa dalam menulis cerita dapat meningkat , yaitu dari 63 % menjadi 93 % . Meskipun terdapat siswa yang memperoleh nilai yang tetap tidak mencapai KKM sebelum dan sesudah diadakan tes yang dikarenakan faktor keterlambatan berfikir dan berkomunikasi dalam belajar. Dalam penggunaan gambar seri, guru menemui kendala dalam membimbing siswa yang mempunyai keterlambatan fikir, dalam penguasaan kelas, serta penggunaan media gambar seri melalui media kertas kurang diminati siswa sehingga guru mengubah tampilan media kertas tersebut ke media komputer. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran menulis cerita dengan menggunakan media gambar seri di kelas V SDN Mantup I Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa. Kata Kunci: media pembelajaran gambar seri, kemampuan menulis cerita

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 Apr 2016 01:37
Last Modified: 20 Apr 2016 01:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27425

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo