UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN ALAT PERAGA ALAMIAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI BAGIAN BAGIAN TUMBUHAN DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH KAB. LAMONGAN

ANAM, SAMSUL (2013) PENGGUNAAN ALAT PERAGA ALAMIAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI BAGIAN BAGIAN TUMBUHAN DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH KAB. LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-samsulanam-33158-2-babi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-samsulanam-33158-1-pendahul-n.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana proses pelaksanaan penggunaan alat peraga alamiah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah kedung waras materi bagian-bagian tumbuhan dan bagaimana hasil belajar siswa tentang bagian-bagian tumbuhan dengan menggunakan alat peraga alamiah pelajaran IPA siswa kelas IV MI Muhammadiyah kedung waras. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendiskripsikan penggunaan alat peraga alamiah bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah kedungwaras dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada IPA pada materi bagian-bagian tumbuhan dalam penggunakan alat peraga alamiah . Sesuai dengan tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk memperbaiki proses belajar mengajar,peneliti menggunakan alat peraga alamiah, yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah kedungwaras dan jumlah murit 15 anak yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Analisis kuantitatif diperoleh dari hasil tes evaluasi yang dilakukan setiap siklus prosentase siswa yang mendapat nilai ≥70 diperoleh dari hasil tes tiap siklus dan observasi diperoleh dari hasil pengamatan teman sejawat. Data tersebut dapat disimpulkan siswa kelas IV MI Muhammadiyah kedung waras dilaksakan dari siklus I dan siklus II dengan mata pelajaran IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dengan menggunakan alat peraga alamiah mengalami peningkatan.Dan mengalami peningkatan pada hasil belajar siklus I rata-rata 68,6% dan siklus II rata-rata 85,5% meningkat 16%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 Apr 2016 01:34
Last Modified: 20 Apr 2016 01:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27424

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo