UMM Institutional Repository

PERSEPSI MAHASISWA TENTANG SITUS YOUTUBE SEBAGAI MEDIA POPULARITAS SESEORANG (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang)

SEPTIAN G, ITANG (2012) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG SITUS YOUTUBE SEBAGAI MEDIA POPULARITAS SESEORANG (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--itangsepti-27786-1-pendahul-n.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--itangsepti-27786-2-babi.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Situs YouTube sebagai salah satu media informasi online yang menyajikan video-video berdasar banyak kategori telah banyak menyita perhatian masyarakat. Situs ini telah banyak mengangkat popularitas seseorang yang awalnya tidak dikenal menjadi sosok yang mendunia di kalangan masyarakat salah satunya Justin Bieber. Dengan videonya yang diunggah disitus YouTube dan disaksikan banyak orang menjadikan dirinya sosok yang mendunia di dalam dunia music. Dengan media ini pula banyak orang belakangan ini yang mengikuti langkah Justin bieber dengan mengunggah video mereka dan berharap dapat terangkat popularitasnya. Dalam penelitian ini peneliti ingin mencari tahu bagaimana persepsi mahasiswa tentang situs YouTube sebagai media popularitas seseorang. Karena tentunya masing-masing orang memiliki persepsi yang berbeda-beda terhadap situs YouTube sebagai media popularitas. Format penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian survei. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Malang. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMM. Peneliti hanya menggunakan 41 sampel yang representatif sebagai sample. Dalam pengambilan sample peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling, dengan ketentuan sample yang akan diambil minimal membuka situs YouTube sebanyak 2 kali dalam satu bulan dan minimal waktu 15 menit setiap kali membuka situs YouTube. Defenisi operasional dalam penelitian ini ada satu variable yaitu persepsi mahasiswa terhadap situs YouTube sebagai media popularitas seseorang, dengan indicator : 1. Penilaian terhadap situs YouTube, 2. Penilaian terhadap video yang terdapat dalam situs YouTube, 3. Keingintahuan mahasiswa tentang hal yang berkaitan dengan Justin Bieber, 4. Keantusiasan mahasiswa tentang hal yang berkaitan dengan Justin Bieber, 5. Kekerapan mahasiswa menyaksikan video Justin Bieber. Dari hasil analisa data, dapat ditarik kesimpulan bahwa Persepsi mahasiswa terhadap situs YouTube masuk dalam kategori baik, Penilaian mahasiswa terhadap video yang terdapat dalam situs YouTube masuk dalam kategori cukup baik, penilaian mahasiswa tentang keingintahuan masuk dalam kategori baik, penilaian mahasiswa tentang keantusiasan masuk dalam kategori cukup baik, dan penilaian mahasiswa tentang kekerapan masuk dalam kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 Apr 2016 11:59
Last Modified: 19 Apr 2016 11:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27418

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo