UMM Institutional Repository

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI ALAT TRANSPORTASI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KELAS IV SDN SEKARBAGUS I KECAMATAN SUGIO KABUPATEN LAMONGAN

Basri, Syamsul (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI ALAT TRANSPORTASI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KELAS IV SDN SEKARBAGUS I KECAMATAN SUGIO KABUPATEN LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syamsulbas-33162-2-babi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syamsulbas-33162-1-pendahul-n.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan analisis tes formatif siswa pada kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi alat transportasi pelajaran IPS kelas IV pada semester II tahun pelajaran 2012/2013 tampak bahwa banyak siswa yang kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Hal ini terbukti dari hasil evaluasi yang telah dikerjakan siswa, hasilnya kurang memuaskan karena tidak sesuai yang dengan yang diharapkan. Nilai rata – rata kelas hanya 53,5 dari 17 siswa hanya 7 siswa yang mampu memahami dan menguasai materi konsep alat transportasi pada pelajaran IPS. Sebanyak 10 siswa masih belum menguasai materi pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut maka penulis terdorong untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan Penelitian Tindakan Kelas yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui seberapa besar pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi siswa sebagai hasil dari perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Adapun pembelajaran yang digunakan adalah menggunakan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap pertemuan dua jam pelajaran. Untuk mengukur siswa dalam penguasaan materi yang diberikan adalah tes formatif pada akhir setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada akhir setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dan peningkatan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Untuk mengetahui keaktifan dan partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran kontekstual digunakan observasi dan untuk mengetahui tingkat kemampuan hasil siswa digunakan tes. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, dari nilai rata – rata 67 pada siklus I menjadi nilai rata – rata 80,5 pada siklus II. Selain itu, tanggapan dan aktivitas siswa dalam pembelajaran menjadi meningkat sehingga tidak ada lagi pembelajaran yang membosankan atau menjenuhkan bagi siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, IPS, Peningkatan Prestasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 19 Apr 2016 11:58
Last Modified: 19 Apr 2016 11:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27417

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo