UMM Institutional Repository

PERAN CORPORATE SOCIAL MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN (Studi pada PT. Amerta Indah Otsuka, Kejayan RESPONSIBILITY DALAM Pasuruan)

Puspita, Eliza Rohmah (2012) PERAN CORPORATE SOCIAL MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN (Studi pada PT. Amerta Indah Otsuka, Kejayan RESPONSIBILITY DALAM Pasuruan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--elizarohma-27852-1-pendahul-n.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--elizarohma-27852-2-babi.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Program CSR merupakan komitmen perusahaan untuk mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Berdirinya PT. Amerta Indah Otsuka di Kejayan Pasuruan, terhitung masih baru. Berdiri tahun 2005 sebagi perusahaan pengembangan PT. Amerta Indah Otsuka yang ada di Sukabumi Jawa Barat. Pada awal perkembangannya, tentu saja ada banyak tuntutan dari warga sekitar perusahaan. Dapat diambil contoh, berdasarkan data yang didapat PT. Amerta Indah Otsuka pernah mendapat tuntutan tentang pembuangan limbah pabrik yang berdampak pada sektor pertanian masyarkat Kejayan. Atau juga tentang tuntutan masyarkat terhadap perbaikan jalan di desa Pacarkeling Kejayan, untuk akses ke tempat-tempat pelayanan publik dan tempat ibadah. Berawal dari sinilah, pentingnya sebuah kegiatan CSR suatu perusahaan itu muncul, untuk menjawab permasalahan dari tuntutan masyarakat sebagai bentuk pembinaan hubungan baik dengan masyarakat sekitar perusahaan. Dari sinilah peneliti tertarik untuk mengetahui bagaiman peran Corporate Social Responsibility dalam meningkatkan citra perusahaan, PT. Amerta Indah Otsuka Kejayan Pasuruan? Corporate Social Responsibility adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis untuk berkontribusi dalam perkembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Citra perusahaan merupakan kesan psikologis dan gambaran dari berbagai kegiatan suatu perusahaan di mata khalayak publiknya yang berdasarkan pengetahuan, tanggapan serta pengalaman-pengalaman yang telah diterimanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di ini dilakukan di PT. Amerta Indah Otsuka jl.Raya Malang Pasuruan KM.11 Desa Pancarkeling Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Yang menjadi informan penelitian ini adalah pihak internal perusahan yaitu para pegawai tetap PT. Amerta Indah Otsuka yang berkecimpung dalam implementasi dan konsep CSR, serta informan eksternal (informan kontrol), yaitu masyarakat sekitar perusahaan yang menerima bantuan dari CSR perusahaan, dimana dalam penelitian ini diwakili oleh tokoh masyarakat. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu menganalisa dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan CSR di perusahaan, melakukan deskripsi terhadap semua yang dilihat, didengar, dan dirasakan, sehingga mampu mendeskripsikan terhadap semua yang ditemui yang mana informasinya diperoleh dari wawancara dan observasi di lapangan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa PT. Amerta Indah Otsuka telah melakukan program tanggung jawab sosial (CSR) dengan baik. Program tanggung jawab sosial (CSR) ini meliputi bidang sosial, keagamaan, kesehatan, pendidikan dan sarana pra sarana umum. Program CSR yang dimiliki oleh PT. Amerta Indah Otsuka, dianggap telah berperan dan ikut andil dalam mensejahterakan masyarakat Kejayan Pasuruan. Program-program yang telah berperan tersebut diantaranya: Dibidang sosial, PT. Amerta Indah Otsuka dengan programnya yaitu memberikan sumbangan kepada warga Kejayan yang tidak mampu. Dibidang pendidikan, dengan program satu hati, PT. Amerta Indah Otsuka membantu rencana pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Di Kejayan, perusahan memberikan les gratis dan bantuan pembangunan tempat pendidikan kepada masyarakat. Dibidang keagamaan, selain bantuan dalam pembangunan tempat ibadah, perusahaan juga selalu memberikan hewan kurban dalam hari raya kurban. Dibidang kesehatan, perusahaan melayani pengobatan gratis serta mengadakan khitanan massal di daerah Kejayan khususnya. Di bidang sarana dan pra sarna, perusahaan membangunkan fasilitas umum seperti pos kampling, lapangan sepak bola, MCK, pembuatan jalan dan sebagainya. Dari program-program CSR yang telah dilakukan ternyata hal tersebut mendapatkan dukungan dari masyarakat sekitar perusahaan di Kejayan Pasuruan yang telah dipilih sebagai informan kontrol. Dan hal ini, membuktikan bahwa masyarkat Kejayan Pasuruan memberikan penilaian positif terhadap program CSR dari PT. Amerta Indah Otsuka. Sehingga dapat disimpulkan bahwa citra PT. Amerta Indah Otsuka dinilai baik oleh masyarakat Kejayan Pasuruan sebagai stakeholder perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 Apr 2016 11:56
Last Modified: 19 Apr 2016 11:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27416

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo