UMM Institutional Repository

KECENDERUNGAN PEMBERITAAN SEPAKBOLA DI HARIAN RADAR MALANG (Analisis Isi Berita Sepakbola Tanggal 20 September Sampai Dengan 30 September 2011).

NUGROHO, RAHADIAN ANDRE (2012) KECENDERUNGAN PEMBERITAAN SEPAKBOLA DI HARIAN RADAR MALANG (Analisis Isi Berita Sepakbola Tanggal 20 September Sampai Dengan 30 September 2011). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--rahadianan-27856-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--rahadianan-27856-2-babi.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Media massa memiliki fungsi memberikan informasi yang layak, penting dan bermanfaat bagi khalayaknya. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi juga mengalami kemajuan, begitu pula dengan teknologi komunikasi. Perkembangan teknologi komunikasi ini mendorong manusia untuk mengembangkan media sebagai sarana penyampaian informasi dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai kemudahan ditawarkan oleh media massa yang saat ini jarak dan waktu sudah tidak lagi menjadi penghalang untuk menyebarkan informasi tersebut. Salah satu media yang tetap dipercaya untuk memenuhi kebutuhan manusia akan informasi adalah surat kabar (koran). Kemudahan untuk dibaca dan didokumentasikan membuat surat kabar tidak tergeser eksistensinya dari kemajuan alat-alat komunikasi yang lebih canggih seperti televisi, radio, dan internet Sepakbola adalah olahraga yang paling digemari di seluruh dunia dan seiring dengan perkembangan zaman, popularitas sepakbola mampu menarik banyak paminat baru. Berbicara mengenai sepakbola berarti berbicara mengenai banyak orang yang terlibat di dalamnya, mulai dari manajemen yang mengelola klub, para pemain dan pelatih yang menjadi topik hangat untuk dibicarakan, termasuk suporter sepakbola itu sendiri. Pemberitaan tentang sepakbola tidak akan ada habisnya, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa, dan semua golongan masyarakat ingin mengetahui perkembangan sepakbola. Dalam pemberitaan sepakbola terdapat berbagai aspek menarik didalamnya, mulai dari hasil pertandingan, transfer pemain sampai pengelolaan klub. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar frekuensi kecenderungan Radar Malang dari kemunculan tema berita dan sasaran opini berita Sepakbola yang ditulis tanggal 20 September 2011 sampai dengan 30 September 2011?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar frekuensi kecenderungan Radar Malang dari kemunculan tema berita dan sasaran opini berita Sepakbola yang ditulis tanggal 20 September 2011 sampai dengan 30 September 2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi, karena melalui analisis isi akan diperoleh suatu hasil atau pemahaman terhadap berbagai isi pesan komunikasi yang disampaikan oleh media massa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Agenda Setting. Dimana secara singkat teori penyusunan agenda ini mengatakan media (khusunya media berita) tidak selalu berhasil memberitahu apa yang kita pikir, tetapi media tersebut benar- benar berhasil memberitahu kita berpikir tetntang apa. Dari pemahaman inilah peneliti menilai teori Agenda setting berkesinambungan dengan penelitian mengenai kecenderungan pemberitaan sepak bola di Harian Radar Malang (Analisis isi berita sepakbola pada tanggal 20 September sampai dengan 30 September). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pemberitaan Harian Radar Malang apabila dilihat dari katagori tema berita lebih cenderung memberitakan tentang pemain dan pelatih, sedangkan apabila dilihat dari katagori sasaran opini pemberitaan lebih cenderung memberitakan tim sepakbola. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan frekuensi kemunculan Tema Berita katagori Manajemen Tim ada 41 paragraf atau 22,28% dari 184 paragraf yang ada. Frekuensi kemunculan Tema Berita katagori Pemain dan Pelatih ada 81 paragraf atau 44,02% dari 184 paragraf yang ada. Frekuensi kemunculan Tema Berita katagori Pertandingan ada 30 paragraf atau 16,30% dari 184 paragraf. Frekuensi kemunculan Tema Berita katagori Suporter ada 18 paragraf atau 9,78% dari 184 paragraf. Frekuensi kemunculan Sasaran Opini katagori Organisasi Sepak Bola ada 19 paragraf atau 10,32% dari 184 paragraf. Frekuensi kemunculan Sasaran Opini katagori Tim Sepak Bola ada 64 paragraf atau 34,78% dari 184 paragraf. Frekuensi kemunculan Sasaran Opini katagori Pemain dan Pelatih ada 47 paragraf atau 25,54% dari 184 paragraf. Frekuensi kemunculan Sasaran Opini katagori Suporter ada 4 paragraf atau 2,17% dari 184 paragraf.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 Apr 2016 11:51
Last Modified: 19 Apr 2016 11:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27412

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo