UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG ALAT PENCERNAAN MANUSIA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN AMBENDER IV KECAMATAN PEGANTENAN KABUPATEN PAMEKASAN

HAFILUDDIN, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG ALAT PENCERNAAN MANUSIA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN AMBENDER IV KECAMATAN PEGANTENAN KABUPATEN PAMEKASAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hafiluddin-33168-2-babi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hafiluddin-33168-1-pendahul-n.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Pada Peralatan Pencernaan Manusia Melalui Media Gambar Di Kelas IV SDN Distrik V Ambender Pegantenan Pamekasan Oleh : Hafiluddin (201010480321148) SDN kondisi Ambender IV Kabupaten Pamekasan pegantenan dalam menyajikan pelajaran IPA mengalami beberapa hambatan . Dari hasil tes akhir yang dicapai siswa Kelas V dengan subjek " Alat Pencernaan " masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan . Dari 19 orang , 11 orang ( 57 % ) yang belum berhasil mencapai nilai minimal 65 , dan hanya 8 orang ( 43 % ) berhasil KKM . Siswa kelas di SDN klasik kondisi Ambender IVKecamatan Pegantenan Pamekasan di bawah KKM klasik . Untuk meningkatkan hasil belajar siswa , diperlukan dukungan dari metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa . Penyebab masalah ini adalah guru tidak memberikan motivasi untuk belajar menciptakan ruang kelas yang kondusif , guru tidak memberikan bimbingan baik secara pribadi maupun dalam kelompok , guru tidak memberikan siswa materi stabilisasi setelah selesai tugas , motivasi dan minat siswa ilmu pengetahuan kurang . untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pembelajaran pada alat pencernaan , metode yang diperlukan media gambar dukungan sebagai media pembelajaran . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SDN Ambender kelas IV Pamekasan untuk aparatur pencernaan materi dengan menggunakan media gambar . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK ) , yang terdiri dari dua siklus , setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan , observasi dan refleksi . Data hasil belajar siswa yang diambil dengan menggunakan tes tertulis . Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif adalah dengan menganalisis data dari siswa siklus pengembangan 1 sampai siklus 2 . Hasil menunjukkan gambar penggunaan media dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Pada siklus 1 persentase siswa yang mencapai skor 73,68 % KKM dan berkata siswa belum diteliti secara mendalam dalam gaya klasik. Sedangkan pada siklus 2 meningkat , persentase siswa yang mencapai skor 94,74 % KKM sehingga kelas 5 Sekolah Dasar Negeri IV Ambender Pegentenan Pamekasan mengatakan menyeluruh dipelajari dalam gaya klasik. Kata kunci : Media Gambar , Hasil Belajar .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 19 Apr 2016 11:30
Last Modified: 19 Apr 2016 11:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27403

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo