UMM Institutional Repository

KOMUNIKASI KALANGAN ALAY (Studi Etnografi Di Kalangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang)

Mahmudi, Imam (2012) KOMUNIKASI KALANGAN ALAY (Studi Etnografi Di Kalangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--imammahmud-27905-1-pendahul-n.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--imammahmud-27905-2-babi.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari dari fenomena kemunculan alay di media massa, terutama di program acara musik. Pun juga alay diasosiasikan sebagai orang pengguna internet, terutama di facebook, twitter, kaskus. Kemudian fenomena ini merembet di kehidupan sosial sehari-hari. Bahwasannya alayer distereotipkan sebagai sosok anak layangan, alah lebay, anak layu, atau anak kelayapan yang menghubungkan dengan anak JARPUL (Jarang Pulang). Dominannya istilah alay untuk menggambarkan anak yang sok keren, secara fashion, karya (musik) maupun kelakuan secara umum. Berdasarkan observasi pra penelitian dan pengalaman peneliti, alay sering “dilabelkan” bagi orang yang berperilaku berlebihan, entah secara komunikasi verbal maupun pencitraan diri seseorang atau dengan kata lain secara penampilan dan perilaku berlebihan. Penelitian ini menggunakan unit analisis Hymes, yang terdiri dari tiga unit, situasi tutur, peristiwa tutur, dan tindak tutur. Kemudian menggunakan teori analisis kebudayaan implisit Gudykunst, budaya popular (popscape) John Fiske dalam perspektif Idy Subandi Ibrahim. Metode penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan tipe kualitatif dan pendekatan interpretatif. Ruang lingkup penelitian meliputi masyarakat tutur, yakni alay dan proses komunikasi mereka. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan datanya menggunakan, observasi partisipan, observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Alat-alat penelitiannya menggunakan observasi dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan peneliti sebagai outsider dan insider, teknik triangulasi, teknik responden validation. Informan atau subjek penelitian ini adalah masyarakat tutur, yaitu kalangan alay dari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), melalui proses mencari dengan cara bertanya-tanya, dan akhirnya, peneliti menemukan hanya dua informan. Dan menemukan informan tersebut dalam jaringan pertemanan yang ditinggal di kos daerah DAU Embong Anyar 2 F7 dan juga di daerah Tirto gang lima (5). Langkah-langkah teknik pelaksanaan penelitian, observasi pendahuluan, penentuan informan penelitian, observasi partisipan dan non partisipan, wawancara mendalam, telaah dokumen, mengumpulkan sumber data lain, mengolah dan menganalisis data, instropeksi dan menguji keabsahan data, menyusun laporan penelitian. Hasil penelitian komunikasi verbal alayer adalah menggunakan bahasa slang yang banyak meniru dari artis-artis di televisi dan juga menggunakan bahasa layspeak. Penggunaan intonasi berbahasa di kalangan alayer, berdasarkan produksi keluarnya suara itu terasa berat dan terkesan menggema lantaran produksi suara mereka diproduksi lewat suara dalam. Kemudian dari gerakan mulut terkesan lebay. Itu terlihat dari saat berbicara sambil me-monyong-kan mulutnya. Dan vokal suaranya cenderung datar. Dan komunikasi non verbal alayers dilhat pula dari pakaian yang dikenakan. Dan alayers juga menggunakan simbol seperti huruf “L”, yaitu dengan meluruskan jari telunjuk secara vertikal dan meluruskan jari jempol secara horizontal untuk menandai identitasnya. Alayers memiliki cara bersalaman yang khas pula. Dengan analisis Hymes, peneliti menyimpulkan situasi, peristiwa, tindak tutur memiliki keterkaitan erat. Sedangkan dalam komponen-komponen komunikasi yang berpengaruh besar terhadap terjadinya peristiwa komunikasi adalah komponen topik komunikasi, paritisipan, dan isi pesan. Sedangkan komponen yang tidak terlalu besar pengaruhnya adalah tipe peristiwa, setting, bentuk pesan, urutan tindakan, kaidah interaksi, dan norma interpretasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 Apr 2016 09:40
Last Modified: 19 Apr 2016 09:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27399

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo