UMM Institutional Repository

PESAN KESETIAAN DALAM FILM (Analisis Isi Pada Film Animasi "UP" Karya Pete Docter, Disney-Pixar (2009))

Putra, Haka Wicaksono Hartanto (2012) PESAN KESETIAAN DALAM FILM (Analisis Isi Pada Film Animasi "UP" Karya Pete Docter, Disney-Pixar (2009)). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--hakawicaks-27932-1-pendahul-n.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--hakawicaks-27932-2-babi--n.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dibuat berdasarkan ketertarikan peneliti pada jenis film animasi (kartun) karena keunikan, tingkat kesulitannya dan lebih khususnya ada pada isi (pesan) cerita dari sebuah film animasi. Objek penelitian yang dipilih adalah film animasi digital karya Pete Docter, yaitu UP. Film animasi UP adalah sebuah film fiksi dengan genre drama, karena jangkauan cerita yang berhubungan dengan potret kehidupan nyata manusia. Peneliti ingin mengetahui seberapa banyak frekuensi pesan kesetiaan yang terdapat dalam film animasi "UP". Pesan kesetiaan bisa dikatakan sebagai sebuah keputusan seseorang dalam menjalani sebuah hubungan dengan pasangannya atau antar sesama manusia. Dikatakan sebuah keputusan karena seseorang akan menentukan sikap dan sifat yang mampu bertahan yang di dalamnya terdapat tekad dan kesanggupan mentaati, melaksanakan, dan mengamalkan sesuatu yang disertai dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab. Dalam kajian film, pesan-pesan akan terwujud dalam cerita yang disampaikan oleh pemerannya dalam bentuk verbal dan non-verbal. Pesan dalam film tujuannya sekedar menghibur, memberi penerangan, atau mungkin kedua-duanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif. Unit yang digunakan dalam penelitian ini adalah setiap scene yang dijelaskan melalui akting dan dialog yang menunjukkan unsur pesan kesetiaan yang sesuai dengan kategori yang telah ditentukan dalam film animasi UP. Sedangkan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rumus Holsty dan Scoot dalam uji reabilitas. Jalan cerita film animasi UP menampilkan seorang tokoh bernama Carl Fredericksen yang ingin mewujudkan mimpi istrinya (Ellie) yang sudah meninggal untuk memiliki rumah di atas bukit batu, air terjun surga. Carl bertemu dengan Russel, seorang anak pramuka yang ingin membantunya. Dalam petualangannya yang penuh dengan rintangan, mereka berdua bertemu dengan Kevin (seekor burung raksasa), Dug (seekor anjing), dan Charlez Muntz (seorang petualang idola Carl). Dari hasil penelitian yang didapatkan setelah dilakukan pengkodingan data, terdapat 72 scene dari total 118 atau 61,02% dari 100% scene film animasi UP yang mengandung pesan kesetiaan. Dari pesan kesetiaan dalam film animasi UP, kategori keintiman muncul sebanyak 28 kali atau 23,73%, kategori komitmen muncul sebanyak 12 kali atau 10,17%, kategori pengorbanan muncul sebanyak 23 kali atau 19,49 %, dan kategori ketergantungan muncul sebanyak 9 kali atau 7,63 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 Apr 2016 08:57
Last Modified: 19 Apr 2016 08:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27381

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo