UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI ENERGI PANAS MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN REK-KERREK I PALENGAAN PAMEKASAN

ALI, MOHAMMAD (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI ENERGI PANAS MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN REK-KERREK I PALENGAAN PAMEKASAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohammadal-33172-2-babi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohammadal-33172-1-pendahul-n.pdf

Download (581kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang efektif menuntut guru harus memberi kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya. Kesempatan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Sedangkan dalam meningkatkan kualitas dalam mengajar hendaknya guru mampu merencanakan program pengajaran dan sekaligus mampu pula melakukan dalam bentuk interaksi belajar mengajar. Penelitian ini berdasarkan permasalahan, (a) Bagaimana penerapan pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar konsep materi energi panas pada siswa kelas IV SD Negeri Rek-kerrek I Palengaan Pamekasan? (b) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar konsep materi energi panas melalui penerapan pembelajaran demonstrasi pada siswa kelas IV SD Negeri Rek-kerrek I Palengaan Pamekasan? Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar materi energi panas pada siswa kelas IV SD Negeri Rek-kerrek I Palengaan Pamekasan. (b) Mengetahui hasil belajar energi panas melalui penerapan pembelajaran demonstrasi pada siswa kelas IV SD Negeri Rek-kerrek I Palengaan Pamekasan. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Penerapan pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar materi energi panas pada siswa kelas IV SD Negeri Rek-kerrek I Palengaan Pamekasan. (2) Peningkatan hasil belajar konsep materi energi panas melalui penerapan pembelajaran demonstrasi sangat signifikan yang ditandai dengan peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu siklus I = 76,92%, siklus II = 88,46% (dari siklus I ke siklus II naik 11,54%). Kata kunci : Energi panas, metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 19 Apr 2016 08:53
Last Modified: 19 Apr 2016 08:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27380

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo