UMM Institutional Repository

KECENDERUNGAN PEMBERITAAN KASUS MALINDA DEE DI SURAT KABAR (Analisis Framing Pada Harian Jawa Pos dan Harian Kompas Edisi 30 Maret – 8 April 2011)

Utami, Tri Wahyu (2012) KECENDERUNGAN PEMBERITAAN KASUS MALINDA DEE DI SURAT KABAR (Analisis Framing Pada Harian Jawa Pos dan Harian Kompas Edisi 30 Maret – 8 April 2011). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--triwahyuut-27933-1-pendahul-..pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--triwahyuut-27933-2-babi.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya kasus Malinda yang menggelapkan dana nasabah Citibank hingga Rp 17 miliar. Alasan peneliti memilih pemberitaan penipuan perbankan, dalam hal ini kasus Malinda adalah karena berita tersebut menjadi sorotan berbagai media massa. Pada awal penangkapan Malinda, Media Massa di Indonesia tak henti-hentinya memberitakan kasus tersebut. Namun, seiring berkembangnya kasus tersebut media tidak lagi menempatkannya sebagai headline. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah kecenderungan dalam pemberitaan kasus Malinda Dee. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan Analisis Framing sebagai metode analisis teks. Penelitian ini menggunakan model analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki untuk melihat bagaimana berita tersebut dibingkai oleh media. Peneliti menganalisis secara detail melalui empat struktur besar berita. Yakni sintaksis (cara wartawan menyusun fakta), skrip (cara wartawan mengisahkan fakta), tematik (cara wartawan menulis fakta), dan retoris (cara wartawan menekankan fakta). Data yang digunakan adalah pemberitaan kasus ini pada harian Jawa Pos dan Kompas edisi 30 Maret – 8 April 2011. Hasil dari penelitian ini, yaitu bahwa surat kabar Jawa Pos dalam menyusun fakta berita yang sudah ditulis di awal diulang kembali ke paragraf berikutnya dan lebih menonjolkan pendapat sumber yang di tulis berulang-ulang diberita berikutnya. Sedangkan Kompas menekankan bahwa kasus penggelapan dan pembobolan merupakan kekurangan atau keburukan kinerja Bank Indonesia sebagai pengawasa Bank umum. Dalam unsur skrip Jawa Pos menekankan pada unsur who dan how. Sedangkan Kompas lebih menekankan pada unsur how. Tema yang diambil Kompas lebih bersifat informatif, seimbang antara Malinda dan proses penanganan. Sedangkan tema yang disajikan harian Jawa Pos lebih cenderung memberitakan alur dan penggunaan uang hasil pembobolan rekening nasabah. Jawa Pos seringkali berlebihan dalam melakukan pemilihan kata dan metafor. Unsur grafis pada Kompas tidak berlebihan, begitu juga dalam pemilihan kata. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa karena didasari ideologi yang berbeda, baik Jawa Pos maupun Kompas memiliki konstruksi berbeda dalam membingkai berita tentang Malinda. Pada penempatan Malinda dalam teks berita dan jumlah berita yang ditampilkan lebih banyak Jawa Pos dibandingkan Kompas. Jawa Pos lebih banyak menyoroti dari segi Proses penggelapan dana nasabah yang dilakukan Malinda. Pemberitaan kasus Malinda yang dimuat lebih cenderung melihat sisi kehidupan sehari-hari Malinda. Sedangkan Kompas tidak hanya memberitakan tentang kasus akan tetapi juga memberitakan tentang kurangnya pengawasan dari Bank Indonesia terhadap kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 Apr 2016 08:53
Last Modified: 19 Apr 2016 08:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27378

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo