UMM Institutional Repository

PANDANGAN MASYARAKAT TENTANG PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. OTSUKA INDONESIA (Studi Pada Masyarakat RW 08 Kalirejo Lawang)

Merdeka, Ari Wibowo (2012) PANDANGAN MASYARAKAT TENTANG PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. OTSUKA INDONESIA (Studi Pada Masyarakat RW 08 Kalirejo Lawang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--ariwibowom-28012-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--ariwibowom-28012-2-babi.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Adanya perusahaan asing yang berada di Indonesia dituntut untuk bisa mensejahterakan serta memberdayakan masyarakat sekitar perusahaan. Berdasarkan UU No. 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas dan juga kebijakan pemerintah tentang tanggung jawab sosial menyebutkan, bahwa perusahaan wajib menjalankan program CSR kepada masyarakat sebagai upaya pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup yang lebih baik. Berdasarkan pemaparan yang disampaikan oleh warga tentang kekecewaan dan ketidak puasanya terhadap tanggung jawab sosial serta respon PT. Otsuka Indonesia, maka rumusan masalah dari penelitian ini yaitu “Bagaimana pandangan masyarakat tentang program corporate social responsibility yang diberikan PT. Otsuka Indonesia bagi masyarakat RW 08 Kelurahan Kalirejo?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan masyarakat tentang program CSR PT. Otsuka Indonesia yang diberikan untuk masyarakat sekitar. Pandangan yang diteliti meliputi 1.) Pandangan tentang program CSR, 2.) Dampak dari program CSR, 3.) Gangguan yang ditimbulkan oleh PT. Otsuka Indonesia, 4.) Program CSR yang telah didapat, 5.) Manfaat program CSR, 6.) Kesesuaian program CSR, 7.) Terjadinya konflik masyarakat sekitar dengan PT Otsuka Indonesia, 8.) Harapan tentang program CSR. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Kalirejo RW 08 yang menerima program CSR dari PT. Otsuka Indonesia Sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapat 13 informan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman, yaitu Data Reduction, Data Display, Conclusing Drawing/Verivication Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan kepada 13 informan penelitian dapat diketahui dalam mengungkapkan pandangan tentang program CSR PT. Otsuka Indonesia, yang diberikan perusahaan bagi masyarakat dalam pembagian maupun jenis kegiatanya ada tidak sama dan merata saat pendistribusianya. RT 01 lebih banyak mendapatkan program dari pada RT yang lainya, hal ini terkait dengan jarak serta dampak yang ditimbulkan, selain itu program CSR yang diberikan pun belum bisa dikatakan sesuai dan berkelanjutan bagi masyarakat, hal ini terbukti dengan adanya program yang bersifat tidak tetap serta bergilir pembagianya. Program CSR yang diberikan hanyalah bersifat sebatas pemberian saja, dalam arti tidak ada bentuk konsistensi yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 Apr 2016 08:49
Last Modified: 19 Apr 2016 08:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27377

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo