UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN BANGSEREH I PAMEKASAN

HIDAYATULLAH, NURUL (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN BANGSEREH I PAMEKASAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulhiday-33173-2-babi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulhiday-33173-1-pendahul-n.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana penerapan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VI SDN Bangsereh I Desa Bangsereh Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan. Ke dua, bagaimana peningatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kontektual pada siswa kelas VI SDN Bangsereh I Desa Bangsereh Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan. Ke tiga, bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kontekstual pada kelas VI SDN Bangsereh I Desa Bangsereh Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, subyek penelitian ini adalah siswa SDN Bangsereh I Desa Bangsereh Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan tahun ajaran 2012-2013 sebanyak 20 siswa, instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, tehnik analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model kontekstual memiliki dampak positif terhadap siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin bertambahnya pengetahuan siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan balajar meningkat dari siklus I sampai siklus II) yaitu masing-masing 70,00% dan 90,00%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai dan aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model pembelajaran kontekstual yang paling dominan adalah mendengarkan, memperhatikan penjelasan guru dan diskusi antar siswa dengan guru. Jadi dapat dikatakan bahwa aktifitas siswa dapat dikatagorikan aktif, hal ini berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa yaitu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa pada setiap siklus yang terus mengalami peningkatan. Kata kunci: Prestasi pembelajaran kontekstual

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 19 Apr 2016 08:44
Last Modified: 19 Apr 2016 08:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27373

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo