UMM Institutional Repository

Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jarin III Pademawu Pamekasan

ANWAR, RISNAWATI (2013) Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jarin III Pademawu Pamekasan. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-risnawatia-33174-2-bab1.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-risnawatia-33174-1-pendahul-n.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kooperatif mencerminkan pandangan bahwa manusia belajar dari pengalaman mereka dan partisipasi aktif dalam kelompok kecil. Salah satu tipe pembelajaran kooperatif yaitu Think Pair Share (TPS) yakni pembelajaran dimana siswa dibentuk dalam kelompok kecil (2 orang) untuk mendiskusikan suatu masalah tertentu. Rumusan masalah penelitian adalah “Bagaimanakah peningkatan pemahaman pelajaran Bahasa Indonesia kajian materi Menyusun paragraf dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas IV SDN Jarin III Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan”. Adapun tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk Mengetahui penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) serta mengetahui peningkatan hasil belajar dan respon setelah penggunaan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi menyusun paragraf kelas IV SDN Jarin III Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Subjek yang dijadikan sumber data dalam penelilitan ini adalah siswa kelas IV SDN Jarin III Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan dengan jumlah siswa 15 orang. Penelitian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi organisasi dilaksanakan pada semester II (genap) tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian tindakan kelas untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengumpulan data dan 4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I mendapatkan rata-rata nilai siswa 66,73 dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 6 siswa yaitu 43,6%, jadi ketuntasan secara klasikal belum tercapai, pengamatan kinerja juga belum maksimal yaitu 46,8% dan siswa menunjukkan sikap ”kurang senang” dan ”kurang berminat” dalam mengikuti proses belajar mengajar. Untuk siklus II mendapatkan rata-rata nilai siswa 83,7% dan jumlah siswa yang sudah tuntas belajar adalah 15 siswa yaitu 100%, jadi ketuntasan belajar secara klasikal sudah tercapai. Karena dikatakan tuntas belajar jika di kelas tersebut telah terdapat 80% siswa yang sudah tuntas belajar. Adapun respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangat positif menyatakan ”sangat senang” dan “sangat berminat” mengikuti proses balajar mengajar. Jadi penggunaan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan pemahaman dan ketuntasan belajar siswa dalam materi menyusun paragraf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Jarin III Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 19 Apr 2016 08:40
Last Modified: 19 Apr 2016 08:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27371

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo