UMM Institutional Repository

PENGARUH KORAN DIGITAL TERHADAP PERILAKU BACA MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2009 Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik UMM)

Mufrida, Ditalia Ike (2012) PENGARUH KORAN DIGITAL TERHADAP PERILAKU BACA MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2009 Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik UMM). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--ditaliaike-28022-1-pendahul-n.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--ditaliaike-28022-2-babi.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas adanya fenomena koran cetak yang bermetamorfosa ke bentuk digital. Adapun tujuan dari penelitian yang berjudul Pengaruh Koran Digital Terhadap Perilaku Baca Mahasiswa ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh fenomena koran digital terhadap perilaku baca mahasiswa. Tujuan kedua dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh koran digital terhadap perilaku baca mahasiswa. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori turunan dari komunikasi massa, yakni Uses and Gratification Theory. Dimana teori tersebut mengatakan bahwa audiens bersifat aktif untuk memilih media massa sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Malang. Dengan sampel adalah mahasiswa angkatan 2009 konsentrasi jurnalistik Ilmu Komunikasi UMM yang berjumlah 90 orang. Sementara untuk teknik uji validitasnya, peneliti menggunakan uji product moment. Sedangkan untuk uji reliabilitasnya, menggunakan teknik alfa Cronbach. Pengolahan datanya menggunakan uji regresi linear dengan bantuan SPSS versi 20.0 for windows. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh keberadaan koran digital terhadap perilaku baca mahasiswa dalam mengonsumsi koran. Pengaruh ditunjukkan oleh nilai korelasi r (0,648) yang lebih besar daripada nilai r tabel (0,213). Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antar kedua variabel, yaitu variabel X dan Y. dan pengaruh koran digital terhadap perilaku baca mahasiswa sebesar 41,9%. Sehingga dapat dikatakan, jika koran digital penggunaannya tinggi, maka perilaku baca mahasiswa pun menjadi tinggi. Sebaliknya, jika koran digital penggunaannya rendah, maka perilaku baca mahasiswa juga rendah. Dengan kata lain, koran digital banyak digunakan oleh kaum muda untuk mencarai informasi yang mereka inginkan. Karena sesuai dengan kehidupan mereka yang serba digital dan Hi-tech.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 Apr 2016 08:30
Last Modified: 19 Apr 2016 08:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27366

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo