UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG ANGGOTA TUBUH DAN KEGUNAANNYA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS I SDN GRUJUGAN PAMEKASAN

KUSMIYATI, TITIK (2013) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG ANGGOTA TUBUH DAN KEGUNAANNYA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS I SDN GRUJUGAN PAMEKASAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-titikkusmi-33177-2-bab_i.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-titikkusmi-33177-1-pendahul-n.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran Pendidikan IPA, diperlukan media yang sesuai dengan karakter materi dan peserta didik, terutama materi yang menyangkut tentang anggota tubuh dan penggunaannya dituntut kreativitas guru dalam memilah dan memilih media pembelajaran yang tepat agar siswa menjadi aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran, dan pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah. Oleh karena itu, penulis mengambil solusi menggunakan media gambar untuk meningkatkan kualitas pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA terutama materi anggota tubuh dan kegunaannya dengan KKM 70. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan kualitatif. Sedangkan Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas didefinisikan sebagai penelitian tindakan yang (Action research) yang dilakukan oleh guru yang sekaligus sebagai peneliti dikelasnya atau bersama-sama dengan orang lain(kolaborasi) dengan jalan merancang, melaksanakan, mengamati, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partismatematikatif yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu (kualitas) proses pembelajaran di kelasnya melalui suatu tindakan (treatment) tertentu dalam suatu siklus. Menurut Kemmis dan Taggart dalam Maftuhah (2012:36), penelitian tindakan kelas dilakukan melalui proses yang dinamis dan komplementari yang terdiri dari: perencanaan (plan), tindakan (act), observasi (observe), refleksi (reflect). Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I didapatkan rata-rata nilai siswa 71,36 dan jumlah siswa yang tuntas belajarnya 15 siswa (68,18%), jadi ketuntasan klasikal belum tercapai, penilaian terhadap metode demontrasi juga belum maksimal. Untuk siklus II didapatkan rata-rata nilai siswa 81,36 dan jumlah siswa yang tuntas belajarnya adalah 19 siswa (86,36%), jadi ketuntasan klasikal sudah tercapai. Karena dikatakan tuntas belajar jika di kelas tersebut telah terdapat 80% siswa yang tuntas belajar. Adapun respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangat positif menyatakan ”sangat senang” dan sangat berminat” mengikuti pembelajaran. Jadi penggunaan media gambar dapat meningkatkan pemahaman dan ketuntasan belajar siswa dalam materi anggota tubuh dan kegunaannya pada mata pelajaran IPA kelas I SDN Grujugan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Kata Kunci: Media, Anggota tubuh, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 19 Apr 2016 08:26
Last Modified: 19 Apr 2016 08:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27363

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo