UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG No. 32 TAHUN 2002 TENTANG PENYIARAN GUNA MENUJU SISTEM PENYIARAN BERJARINGAN PADA TELEVISI LOKAL (STUDI MEDIA PADA TELEVISI LOKAL JTV SURABAYA DAN M&H TV SURABAYA)

Pramadita, Edo (2012) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG No. 32 TAHUN 2002 TENTANG PENYIARAN GUNA MENUJU SISTEM PENYIARAN BERJARINGAN PADA TELEVISI LOKAL (STUDI MEDIA PADA TELEVISI LOKAL JTV SURABAYA DAN M&H TV SURABAYA). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--edopramadi-28024-1-pendahul-n.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--edopramadi-28024-2-babi.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Sistem televisi berjaringan merupakan amanah dari Undang-Undang No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Meskipun awal kemunculan masih mengundang pro dan kontra akan tetapi Undang-Undang ini telah disahkan dan harus dilaksanakan oleh semua lembaga penyiaran yang ada di Indonesia. Sistem penyiaran berjaringan telah berjalan sekitar 9 tahun dan penerapanya masih simpang siur. Jika dilihat penerapannya saat ini pada televisi lokal maka banyak stasiun-stasiun televisi lokal yang menjadi jaringan dari televisi nasional yang sekarang mendominasi penyiaran Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana penerapan Undang-Undang No 32 Tahun 2002 tentang penyiaran yang mengamanatkan sistem televisi berjaringan pada dua televisi lokal di Jawa Timur khususnya di Surabaya. Penelitian ini juga untuk menjelaskan kendala dan halangan yang menyertai penerapan sistem televisi berjaringan yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang No 32 Tahun 2002. Penelitian ini menupakan jenis penelitian kulitatif sehingga metode penelitian untuk pengumpulan data adalah wawancara tak struktur, observasi juga studi dokumentasi demi mendukung kekayaan sumber data yang didapat. Dari hasil penelitian dan wawancara dengan para nara sumber dan informan yang memiliki kompetensi masing-masing dalam kapasitas masing-masing ternyata implementasi sistem televisi berjaringan yang diamanatkan oleh Undang-Undang No 32 Tahun 2002 tentang penyiaran belum terimplementasi dengan baik. Pada M&H TV masih banyak kesalahan dalam penerapanya khususnya mengenai perizinan dan pola siaran yang dilakukan. Sedangkan pada JTV Surabaya sudah dapat dikatan baik bahkan disebut-sebut paling ideal untuk penerapan sistem televisi berjaringan. Konsep TV berjaringan pada JTV Surabaya selayaknya di contoh oleh stasiun televisi nasional guna penerapan sistem siaran berjaringan yang baik menurut Undang-Undang No 32 Tahun 2002 tentang penyiaran, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Mengenai Penyelenggaraan Penyiaran Melalui Sistem Stasiun Jaringan Oleh Lembaga Penyiaran Swasta Jasa Penyiaran Televisi Tahun 2009, dan PP No. 50 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Swasta. Kendati dalam implementasinya terdapat banyak kendala akan tetapi berbagai pihak yaitu lembaga penyiaran dan Negara lewat KPID Jawa Timur siap melaksanakan secara konsisten sampai Undang-Undang ini benar-benar dicabut jika memang tidak membawa perubahan pada sistem penyiaran Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 Apr 2016 08:26
Last Modified: 19 Apr 2016 08:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27362

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo