UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS PADA POKOK BAHASAN SEJARAH UANG DAN PENGGUNAANNYA KELAS III SDN PALALANG 2

ANNUR, USWATUN HASANAH (2013) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS PADA POKOK BAHASAN SEJARAH UANG DAN PENGGUNAANNYA KELAS III SDN PALALANG 2. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-uswatunhas-33179-2-babi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-uswatunhas-33179-1-pendahul-n.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang peneliti hadapi sebelum melakukan penelitian adalah siswa tahunya uang itu berupa benda saja seperti yang mereka bawa dan dipegang setiap hari sebagai uang saku atau jajan saja tetapi kurang memahami tentang sejarah, fungsi lain atau manfaat dari uang itu sendiri. Masih banyak siswa yang tidak merespon pertanyaan guru ketika ditanya tentang kegunaan uang, macam-macam uang ataupun tentang sejarah munculnya uang itu sendiri. Maka dari itulah sebagai guru peneliti berinisiatif untuk lebih meningkatkan keaktifan siswa dengan merubah metode yang dipakai yaitu dengan pengguanaan metode demonstrasi. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi melalui media gambar dalam pelajaran IPS pokok bahasan sejarah uang dan kegunaannya di SDN Palalang 2? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi dan media gambar pada pelajaran IPS pokok bahasan sejarah uang dan kegunaannya kelas III di SDN Palalang 2? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang peningkatan belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas III di SDN Palalang 2. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peranan metode demonstrasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas III di SDN Palalang 2. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/pengumpulan data dan refleksi. Selama penelitian berlangsung, peneliti dibantu oleh supervisor 2 sekaligus sebagai teman sejawat untuk memonitoring jalannya penelitian dan membantu memberikan petunjuk atau saran untuk perbaikan. Aktifitas siswa dalam pembelajaran Pada siklus I mencapai 60% sedangkan pada siklus II mencapai 80%, sedangkan aktifitas guru dalam pembelajaran Pada siklus I mencapai 72,91% sedangkan pada siklus II mencapai 83,33 %. Rata-rata hasil belajar siswa kelas III di SDN Palalang 2 Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan Pada siklus I mencapai 68,75 sedangkan pada siklus II mencapai 78,5 Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui penggunaan metode demonstrasi dalam mata pelajaran IPS pada materi sejarah uang dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Palalang 2. Kata Kunci: Hasil belajar, Aktivitas belajar, Media gambar, dan metode demonstrasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 19 Apr 2016 08:19
Last Modified: 19 Apr 2016 08:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27357

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo