UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENJUMLAHKAN BILANGAN BULAT POSITIF DAN NEGATIF MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN MATEMATIKA KELAS IV SDN TANJUNG II PEGANTENAN KAB.PAMEKASAN

HENDRIYANI, WIWIN (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENJUMLAHKAN BILANGAN BULAT POSITIF DAN NEGATIF MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN MATEMATIKA KELAS IV SDN TANJUNG II PEGANTENAN KAB.PAMEKASAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wiwinhendr-33180-2-babi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wiwinhendr-33180-1-pendahul-n.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan proses belajar matematika di keempat kelas SDN Tanjung II Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan, di hal ini latar belakang penelitian ini adalah penurunan kemampuan siswa dalam menambahkan lingkaran nomor. Masalah terjadi karena siswa tidak aktif dalam pelajaran ini dan tidak ada yang menarik dalam diri siswa. Jadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan siswa belajar untuk menambahkan nomor lingkaran positif dan negatif untuk menggunakan "NUMBER LINE ". Untuk meningkatkan hasil belajar dalam pelajaran matematika maka penulis mengimplementasikan penelitian dari studi untuk penggunaan media lini nomor. Ada dua siklus untuk ini penelitian, siklus I pada 15 Januari 2013 dan siklus II pada 12 Februari 2013. Ada beberapa fase untuk setiap siklus: fase rencana, diimplementasikan, observasi, refleksi fase dan fase revisi. Dalam proses penelitian dibantu oleh pengamat untuk amati berkas pelajaran diimplementasikan Hasil pengamatan adalah nomor baris digunakan dapat meningkatkan hasil siswa yang belajar untuk menambahkan nomor lingkaran positif dan negatif. Membuktikan adalah peningkatan diimplementasikan penelitian. Siklus I avtivity siswa adalah 40,6% menjadi siklus II adalah 71,8%. Aktivitas guru untuk siklus I adalah 35,7%, siklus II adalah 92,8%, dan kelengkapan pelajaran siswa untuk siklus I adalah 47,37%, siklus II adalah 84,21% tetapi Hasil penelitian siswa untuk siklus I adalah 63,57 dan siklus II adalah 76,58. Jadi menggunakan nomor baris lebih baik menggunakan studi matematika untuk menemukan hasil menambahkan lingkaran nomor Istilah kunci: nomor baris, hasil studi matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 19 Apr 2016 08:16
Last Modified: 19 Apr 2016 08:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27353

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo