UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG CIRI KHUSUS HEWAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SDN PAKONG 3 PAMEKASAN

WARTININGSIH, YESI (2013) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG CIRI KHUSUS HEWAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SDN PAKONG 3 PAMEKASAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yesiwartin-33181-2-babi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yesiwartin-33181-1-pendahul-n.pdf

Download (786kB) | Preview

Abstract

Kondisi di SDN Pakong 3 Pamekasan berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas VI pada mata pelajaran IPA. menunjukkan ada kendala saat kegiatan pembelajaran berlangsung, sebagian siswa kurang bersemangat, aktivitas belajarnya rendah, sebagian siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh gurunya. Demikian juga hasil ulangan harian yang dicapai siswa kelas VI untuk pokok bahasan “ciri khusus hewan” tahun pelajaran 2011/2012 masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan. Dari 20 siswa, hanya 10 siswa (50%) yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65, dan sebanyak 10 siswa (50%) masih belum mencapai nilai KKM. Dari hasil belajar tersebut ketuntasan belajar secara klasikal dapat dikatakan belum tuntas karena berada dibawah standar yang ditetapkan yaitu 80%. Penyebab terjadinya permasalahan tersebut adalah Mata pelajaran IPA oleh siswa dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit, karena perlu banyak praktek, Penjelasan guru tentang ciri khusus hewan terlalu rumit, sehingga tidak bisa dipahami oleh siswa, Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang dapat membantu pemahaman siswa dan mendukung penjelasan yang disampaikan, Motivasi dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kurang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SDN Pakong 3 Pamekasan pada materi ciri khusus hewan dengan penggunaan media gambar. Data hasil belajar siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi dan test tulis. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari 25 siswa yang mengikuti tes ada 16 siswa yang memperoleh nilai ≥ nilai KKM dengan persentase 64% di siklus 1 sehingga dikatakan siswa belum tuntas belajar secara klasikal, kemudian meningkat menjadi 23 siswa yang memperoleh nilai ≥ nilai KKM dengan persentase 92% di siklus 2 sehingga dikatakan siswa tuntas belajar secara klasikal. Kata Kunci: Media Gambar, Hasil Belajar. ciri khusus hewan, SDN Pakong 3

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 19 Apr 2016 08:10
Last Modified: 19 Apr 2016 08:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27351

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo