UMM Institutional Repository

GAYA BAHASA JURNALISME PELAJAR SMA PADA KORAN PENDIDIKAN (Analisis Isi Rubrik Teenagers Journalism edisi 5 Oktober-6 Desember 2011)

Nihayati, Fatma (2012) GAYA BAHASA JURNALISME PELAJAR SMA PADA KORAN PENDIDIKAN (Analisis Isi Rubrik Teenagers Journalism edisi 5 Oktober-6 Desember 2011). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--fatmanihay-28029-1-pendahul-n.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--fatmanihay-28029-2-babi.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Kehidupan manusia yang semakin kompleks menuntut adanya penyampaian informasi secara lengkap dan tanpa batas. Terdapat beberapa media yang mulai menciptakan inovasi-inovasi terbaru, dengan harapan masyarakat dapat beralih ke media tersebut dalam mengakses berita atau informasi. Salah satu media massa yang membuat inovasi ialah Koran Pendidikan. Media tersebut membuat rubrik baru yang melibatkan pelajar dalam proses pembuatannya, dengan mengusung misi “dari pelajar untuk pelajar”. Dengan demikian, media massa dapat mengalihkan perhatian publik untuk tetap menjadikan media tersebut sebagai alat dalam pemenuhan kebutuhan informasi Salah satu contoh media massa yang memiliki rubrik tersebut ialah Koran Pendidikan. Melalui rubrik teenagers journalism Koran Pendidikan menyajikan sejumlah informasi yang disajikan oleh para pelajar dan tentunya berita yang disajikan khusus untuk kalangan pelajar khususnya remaja. Koran Pendidikan membuat rubrik tersebut dengan tujuan memfasilitasi para pelajar yang berkeinginan untuk menyalurkan bakat dan minatnya dalam bidang jurnalistik. Selain itu, dengan pengadaan rubrik teenagers journalism, Koran Pendidikan berusaha memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat khususnya pelajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Seberapa besar penggunaan kaidah-kaidah jurnalistik pada rubrik Teenagers Journalism Pada Koran Pendidikan edisi 5 Oktober – 6 Desember 2011? Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gaya bahasa jurnalisme pelajar sebagai jurnalis muda (pemula). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi untuk memperoleh gambaran isi pesan komunikasi massa yang objektif, sistematis dan relevan dengan mengamati dan mengukurnya. Tipe dasar penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang menggambarkan isi dalam rubrik Teenagers Journalism. Deskriptif merupakan metode penelitian yang ditujukan untuk mencari fakta dengan memaparkan situasi atau peristiwa yang sedang diteliti. Unit analisis pada penelitian ini berupa isi rubrik Teenagers Journalism dan kemudian dianalisis. Satuan ukur dalam penelitian ini adalah frekuensi kemunculan dari tiap-tiap kategori penelitian pada setiap paragraf yang terdapat dalam rubrik Teenagers Journalism. Kesimpulan dari penelitian ini ialah gaya bahasa jurnalisme pelajar dalam rubrik Teenagers Journalism pada Koran Pendidikan masih sangat minim dalam menggunakan kaidah-kaidah jurnalisme, terbukti dari sangat sedikitnya penggunaan bahasa jurnalistik dalam setiap artikel yang disajikan disetiap rubrik. Hal ini berdasarkan pada hasil penelitian sebagai berikut; kategorisasi bahasa, pada rubrik Teenagers Journalism memiliki gaya bahasa sebesar 5,4% bahasa jurnalistik, 62,9% bahasa populer dan 31,9% bahasa baku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 Apr 2016 07:54
Last Modified: 19 Apr 2016 07:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27344

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo