UMM Institutional Repository

PERSEPSI PEJABAT STRUKTURAL KEPOLISIAN TENTANG FUNGSI HUMAS (Studi di Polres Malang Kota)

Rahmawati, Endang (2012) PERSEPSI PEJABAT STRUKTURAL KEPOLISIAN TENTANG FUNGSI HUMAS (Studi di Polres Malang Kota). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--endangrahm-28051-1-pendahul-n.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--endangrahm-28051-2-babi.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Dimensi kepemimpinan selalu bersifat kontekstual dan dibatasi oleh dimensi ruang dan waktu. Selain membutuhkan kemampuan memimpin, seorang pemimpin juga perlu memiliki komitmen yang kuat dari segenap struktural yang memungkinkan seseorang dapat memimpin secara efektif. Fungsi humas Polri sangat menentukan dalam mengkampanyekan berbagai kebijakan Polri terutama dalam memberikan informasi dan pemahaman kepada publik. Kemampuan berkomunikasi dan kehumasan itulah nantinya harus dikembangkan oleh setiap polisi, sehingga mereka mampu meyakinkan masyarakat ketika memberikan penjelasan mengenai tindakan polisional yang mungkin dipertanyakan masyarakat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “bagaimana persepsi pejabat struktural kepolisian tentang fungsi humas?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pejabat struktural tentang fungsi humas kepolisian. Persepsi yang diteliti meliputi keberadaan humas, pengalaman kerjasama, fungsi humas, kejelasan informasi, kegiatan humas dan kinerja humas. Kemudian teori yang digunakan adalah SOR yakni Stimulus(pesan), Organism(komunikan), Respon(efek). Dalam teori ini respon sangat tergantung pada proses yang terjadi pada diri komunikan. Pada mulanya perhatian pada komunikan tertarik pada stimulus tertentu untuk kemudian mengalami proses persepsi sehingga menjadi mengerti, memahami, yang pada akhirnya memunculkan respon tanggapan terhadap stimulus yang diterima. Adapun subjek penelitian ini adalah Kabag maupun Kasat yang selalu berhubungan dengan humas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman, yaitu Data Reduction, Data Display, Drawing and Verifying Conclusions. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti terhadap 7 responden, disimpulkan bahwa fungsi humas sebagai sumber informasi baik di dalam maupun laur lembaga artinya informasi yang disampaikan harus transparan tidak ada yang ditutup-tutupi kecuali untuk kepentingan penyidikan. Dari pernyataan keseluruhan menunjukkan bahwa persepsi pejabat struktural terhadap fungsi humas kepolisian Polres Malang Kota diharapkan dapat membangun komunikasi dua arah agar terjalin hubungan yang baik antara lembaga dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 Apr 2016 07:45
Last Modified: 19 Apr 2016 07:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27341

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo