UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PECAHAN DENGAN MEDIA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS IV SDN BARUREJO II KECAMATAN SAMBENG LAMONGAN

JANNAH, MIFTAUL (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PECAHAN DENGAN MEDIA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS IV SDN BARUREJO II KECAMATAN SAMBENG LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-miftauljan-33219-1-pendahul-n.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-miftauljan-33219-2-babi.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN Barurejo II Kecamatan Sambeng selama ini cenderung berpusat pada guru. Selama pembelajaran, guru aktif menjelaskan materi sedangkan siswa pasif mendengarkan, mencatat dan menerima materi tanpa aktif berfikir dan tanpa komentar. Guru jarang mengajak siswa berdiskusi, baik secara individu atau kelompok. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : mendeskripsikan penerapan media benda manipulatif dalam materi pecahan siswa kelas IV SDN Barurejo II Kecamatan Sambeng, dan mendeskripsikan ada dan tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa setelah menggunakan media benda manipulatif pada materi pecahan siswa kelas IV SDN Barurejo II Kecamatan Sambeng. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 hari dan 2 hari. Siklus tindakan pembelajaran dihentikan jika telah mencapai kriteria ketuntasan sebesar 85% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor minimal 70. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Barurejo II Kecamatan Sambeng yang berjumlah 19 anak. Pada penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa: lembar Observasi ( pengamatan ) untuk mengamati kegiatan siswa, catatan lapangan, LKS, studi dokumentasi dengan hasil tes dan foto-foto pada saat pembelajaran, serta lembar evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan : (a) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media benda manipulatif pada siklus I masih banyak kekurangan, yaitu ada beberapa siswa yang belum paham cara kerja media benda manipulatif. (b) Media benda manipulatif dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep operasi hitung pecahan dari skor rata-rata prates 63,5 menjadi 67,89 pada siklus I dan pada siklus II menjadi 84,21; (c) Media benda manipulatif dapat meningkatkan prosentase ketuntasan belajar siswa. Jumlah siswa yang tuntas dalam belajar meningkat dari prates 57,89% menjadi 68,42 % pada siklus I dan 89,47% pada siklus II. Hal ini menunjukkan metode yang digunakan sudah berhasil dan sesuai dengan kondisi kelas. Kata Kunci: Media Manipulatif, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Apr 2016 06:31
Last Modified: 19 Apr 2016 06:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27323

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo