UMM Institutional Repository

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK FPB MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA SISWA KELAS IV SDN WONOREJO I KECAMATAN SAMBENG LAMONGAN

MURTADLO, MUKHID (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK FPB MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA SISWA KELAS IV SDN WONOREJO I KECAMATAN SAMBENG LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mukhidmurt-33220-1-pendahul-n.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mukhidmurt-33220-2-babi.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil analisis terhadap nilai uji kompetensi siswa kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 di SDN Wonorejo I Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan didapat bahwa prestasi belajar matematika siswa masih rendah. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya siswa yang merasa kesulitan dalam memahami FPB. Hal ini dapat dilihat dari 8 siswa di kelas IV hanya 3 siswa yang mendapatkan nilai lebih dari 65. Jadi ketuntasan belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran matematika materi FPB sebesar 37,5%. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Wonorejo I dan peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Wonorejo I pada mata pelajaran matematika pokok bahasan FPB setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe TGT. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Observasi yang dilakukan oleh teman sejawat selama penelitian untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menguasai materi. Selain itu, observasi juga digunakan untuk mengetahui aktifitas pembelajaran yang meliputi aktifitas guru dan siswa. Tes adalah alat atau prosedur yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur sesuatu dalam suasana, dengan cara dan aturan-aturan yang digunakan. Metode ini digunakan untuk menggali data tentang prestasi belajar siswa melalui tes tulis. Tes ini dilakukan pada akhir pembelajaran setiap siklus. Pembelajaran kooperatif tipe TGT siswa melakukan permainan-permainan dengan anggota-anggota tim lain untuk memperoleh skor bagi tim mereka masing-masing. Pembelajaran kooperatif tipe TGT memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (62,5%) dan siklus II (100%). Pembelajaran kooperatif tipe TGT mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Apr 2016 06:26
Last Modified: 19 Apr 2016 06:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27322

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo