UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS II MI AL –ISTIQLAL LAWAK KECAMATAN NGIMBANG KABUPATEN LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

FAUZIYAH, LILIK IDA (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS II MI AL –ISTIQLAL LAWAK KECAMATAN NGIMBANG KABUPATEN LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdwahid20-33258-1-pendahul-n.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdwahid20-33258-2-babi.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas II MI Al-Istiqlal Lawak Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2012 / 2013 selama ini cenderung berpusat pada guru. Selama pembelajaran, guru aktif menjelaskan materi sedangkan siswa pasif mendengarkan, mencatat dan menerima materi tanpa aktif berfikir dan tanpa komentar. Guru jarang mengajak siswa berdiskusi, baik secara individu atau kelompok. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam materi operasi hitung siswa kelas II MI AL- ISTIQLAL Lawak Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan, dan mendeskripsikan ada dan tidaknya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode demonstrasi operasi hitung siswa kelas II MI Al-Istiqlal Lawak Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK).Langkah PTK ini meliputi 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 hari. Siklus tindakan pembelajaran dihentikan jika telah mencapai kriteria ketuntasan sebesar 80% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor 65. Subyek penelitian adalah siswa kelas II MI Al-Istiqlal Lawak Kecamatan Ngimbang yang berjumlah 10 anak. Pada penelitian ini menggunakan alat pemgumpulan data berupa : lembar observasi (pengamatan) untuk mengamati kegiatan siswa, catatan lapangan, studi dokumentasi dengan hasil tes dan foto-foto pada saat pembelajaran, serta lembar evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan : (a) pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi pada siklus I masih banyak kekurangan, yaitu ada beberapa siswa yang belum paham dengan metode demonstrasi. (b) Metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep operasi hitung dari skor rata-rata prasiklus 45,00 menjadi 62,00 pada siklus I dan pada siklus II menjadi 71,00; (c) Metode demonstrasi dapat meningkatkan prosentase ketuntasan belajar siswa. Jumlah siswa yang tuntas dalam belajar meningkat dari prasiklus 43,1% menjadi 58,5% pada skilus I dan 75,16% dari siklus II. Hal ini menunjukkan metode yang digunakan berhasil dan sesuai dengan kondisi kelas. Kata kunci: Metode Demonstrasi, Matematika Operasi Hitung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Apr 2016 06:22
Last Modified: 19 Apr 2016 06:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27321

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo