UMM Institutional Repository

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI ANGKA DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SDN MOJONGAPIT III JOMBANG

HIDAYAT, WAHYU (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI ANGKA DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SDN MOJONGAPIT III JOMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyuhiday-33269-1-pendahul-n.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyuhiday-33269-2-babi.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Masalah keterampilan membaca notasi musik terutama notasi angka adalah yang menjadi permasalahan utama terhadap pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di SDN Mojongapit III. Keterampilan siswa kelas IV dalam membaca notasi musik terutama notasi angka masih sangat rendah. Ini penulis ketahui setelah melakukan pretes sebelum penelitian tindakan kelas, hanya 2 siswa saja yang mampu membaca dan menulis notasi angka dari jumlah siswa seluruhnya sebanyak 21 orang. Kesulitan siswa dalam membaca notasi angka terutama pada tingkat pemahaman bentuk dan nilai not, bunyi nada yang digunakan dalam notasi angka seperti bunyi nada do-re-mi-fa-sol-la-si, membaca dengan ketukan birama not 4/4, 2/4, 3/4, 2/4, 3/4, dll. Mengacu pada permasalahan tersebut, dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan , penulis menerapkan metode demonstrasi. Oleh karena metode demonstrasi penyajiannya lebih mengutamakan peragaan dan praktik yang memang tepat untuk pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan . Dengan menerapkan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan, secara realitas, terbukti dapat meningkatkan keterampilan membaca notasi angka siswa kelas IV. Sejalan dengan itu, aktivitas dan kualitas belajar siswa juga turut meningkat. Berdasarkan analisis data penelitian siklus I sampai pada siklus II diperoleh adanya peningkatan persentase aktivitas guru, siswa dan hasil belajar. Pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 14,29% dan siklus II sebesar 90,48%. Sehingga terjadi peningkatan Pada siklus II aktivitas guru dan siswa dinyatakan sangat baik. Artinya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar sudah melewati target KKM yang telah ditetapkan yaitu 75,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan kelas IV SDN Mojongapit III Jombang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Apr 2016 05:06
Last Modified: 19 Apr 2016 05:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27318

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo