UMM Institutional Repository

METODE PEMBELAJARAN IMAJINATIF DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGARANG BAHASA INDONESIA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS V SDN WARU BARAT VI KECAMATAN WARU KABUPATEN PAMEKASAN)

AMINA, SITI (2013) METODE PEMBELAJARAN IMAJINATIF DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGARANG BAHASA INDONESIA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS V SDN WARU BARAT VI KECAMATAN WARU KABUPATEN PAMEKASAN). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitiamina2-33271-1-pendahul-n.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitiamina2-33271-2-babi.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan metode imajinasi merupakan cara penyajian pelajaran dengan membawa siswa ke dalam dunia imajinasi mereka untuk dituangkan ke dalam sebuah karangan. Siswa diajak untuk melihat ke dalam alam imajinasi mereka tentang satu tema tertentu kemudian meminta mereka menceritakan apa yang telah mereka bayangkan menjadi sebuah karangan. Rumusan masalah penelitian adalah “Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia kajian materi mengarang dengan diterapkannya metode imajinatif pada siswa kelas V SDN Waru Barat VI Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan”. Adapun tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk Mengetahui penerapan metode imajinatif serta mengetahui peningkatan hasil belajar setelah penggunaan metode Imajinatif pada materi mengarang kelas V SDN Waru Barat VI Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Subjek yang dijadikan sumber data dalam penelilitan ini adalah siswa kelas V SDN Waru Barat VI Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mengarang dilaksanakan pada semester II (genap) tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian tindakan kelas untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengumpulan data dan 4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 14 siswa yaitu 55,00%, jadi ketuntasan secara klasikal belum tercapai, dan siswa menunjukkan sikap ”kurang senang” dan ”kurang berminat” dalam mengikuti proses belajar mengajar. Untuk siklus II jumlah siswa yang sudah tuntas belajar adalah 21 siswa yaitu 87,00%, jadi ketuntasan belajar secara klasikal sudah tercapai. Karena dikatakan tuntas belajar jika di kelas tersebut telah terdapat 80% siswa yang sudah tuntas belajar. Adapun respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangat positif menyatakan ”sangat senang” dan “sangat berminat” mengikuti proses balajar mengajar. Jadi penggunaan metode imajinatif dapat meningkatkan pemahaman dan ketuntasan belajar siswa dalam materi mengarang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Waru Barat VI Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Kata kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Mengarang, Imajinatif, dan Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Apr 2016 04:57
Last Modified: 19 Apr 2016 04:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27316

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo