UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA DAKON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA KELAS III SDN PACAR KEMBANG II-193 SURABAYA

KUSUMAWATI, ERMA (2013) PENGGUNAAN MEDIA DAKON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA KELAS III SDN PACAR KEMBANG II-193 SURABAYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ermakusuma-33274-1-pendahul-n.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ermakusuma-33274-2-babi.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hasil pembelajaran matematika dikatakan rendah karena memperoleh hasil sebesar 53% (16 siswa). Hal ini mungkin dikarenakan ketidaktepatan media pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini, guru hanya sebagai sumber informasi, pembelajaran hanya berpusat pada guru serta guru hanya berfokus pada buku paket sehingga siswa tidak aktif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media dakon untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Pacar Kembang II-193 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah 30 siswa kelas tiga yang terdiri dari 17 anak laki-laki dan 13 anak perempuan di SDN Pacar Kembang II-193 Surabaya. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis dapat menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan selama dua siklus. Siklus I memperoleh sebesar 67,5% dan 91,3% pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 75% dan pada siklus II memperoleh 92,9%. Sedangkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siswal pada siklus I sebesar 73,3% siswa tuntas dan pada siklus II persentase ketuntasan klasikal siswa mencapai 93,3% siswa tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan media dakon dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Pacar Kembang II-193 Surabaya. Kata Kunci : Matematika, media dakon, hasil belajar sis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Apr 2016 04:48
Last Modified: 19 Apr 2016 04:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27313

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo