UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI ALAT INDERA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BLUMBUNGAN I KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN PAMEKASAN

HIDAYAT, RAHMAT (2013) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI ALAT INDERA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BLUMBUNGAN I KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN PAMEKASAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmathida-33311-1-pendahul-n.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmathida-33311-2-babi.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Belajar mengajar sebagai suatu proses diharapkan dapat mengembangkan dan menjawab hal-hal yang bersifat mendasar, dan mengenal arah pembelajaran, hal yang harus dibahas dalam suatu proses, cara melakukan, dan cara mengetahui berhasil tidaknya proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas penulis melakukan perbaikan pembelajaran dengan fokus perbaikan bagaimana hasil belajar siswa Kelas IV SDN Blumbungan I Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi alat indera dengan menggunakan metode demonstrasi. Adapun tujuan Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini dapat yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi alat indera dengan menggunakan metode demonstrasi. Lokasi penelitian. Penelitian ini berlangsung di Sekolah Dasar Negeri Blumbungan yang terletak di Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Dan dilaksanakan sebnyak dua siklus yaitu siklus I tanggal 22 Januari 2013 pelaksanaan praktek rencana perbaikan pembelajaran siklus 1 dan siklus II tanggal 28 Februari 2013 pelaksanaan praktek rencana perbaikan pembelajaran siklus 2 Kelas yang dijadikan tempat praktek adalah Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. sebanyak 24 siswa, dengan usia rata-rata 9 sampai 10 tahun. Sistem yang digunakan adalah sistem klasikal. Kemampuan siswa dalam satu kelas adalah homogen. Hasil penelitian siklus I diperoleh hasil sebagai berikut, yaitu Ada 9 siswa diantara 24 siswa tidak memperhatikan demonstrasi dan penjelasan dan selalu berbuat ramai pada saat pembelajaran berlangsung, sehingga saat bertanya jawab kurang mampu menyusun dan menjawab pertanyaan guru, dan nilai rata-rata siswa juga sangat rendah hanya mencapai 57.29 Namun pada siklus II, dari hasil perhitungan tersebut 99.6% siswa berhasil dalam belajarnya. Keberhasilan pembelajaran ini karena pada saat penerapan siklus II peneliti dan teman sejawat atau Supervisor II memperhatikan beberapa kelemahan-kelemahan yang terjadi pada siklus sebelumnya yang menyebabkan rendahnya hasil belajar, sehingga pada siklus II ini semua siswa berhasil dalam belajar dan nilai rata-rata siswa mencapai 76.86. Kata Kunci: IPA, Alat indera, Metode Demonstrasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Apr 2016 04:23
Last Modified: 19 Apr 2016 04:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27304

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo