UMM Institutional Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE EJA SISWA KELAS I SDN KEDUKBEMBEM KECAMATAN MANTUP KABUPATEN LAMONGAN

KUS’ATIK, ENDANG JEN (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE EJA SISWA KELAS I SDN KEDUKBEMBEM KECAMATAN MANTUP KABUPATEN LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-endangjenk-33336-1-pendahul-n.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-endangjenk-33336-2-babi.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar yang masih dilakukan secara klasikal dengan model yang banyak diwarnai ceramah dan guru sentris menyebabkan siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu hal lain yang ditemukan dalam pembelajaran ini adalah rendahnya hasil evaluasi yang diperoleh. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut maka tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah ingin mengetahui tentang bagaimana proses belajar mengajar dan bagaimana peningkatan pembelajaran membaca menulis permulaan melalui pendekatan metode eja. Pengumpulan data dilakukan. penulis dengan teman sejawat sebagai pengamat dan selama proses perbaikan pembelajaran Data penelitian yang diperoleh adalah pengamatan terhadap siswa ketika sedang dalam proses pembelajaran serta aktivitas dan hasil siswa dalam menyelesaikan evaluasi. Selain itu diperoleh juga data dari kegiatan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh teman sejawat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan angket. Penelitian tindakan kelas ini diadakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Kedukbembem Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan yang terdiri dari 12 siswa laki – laki dan 6 siswa perempuan. Pada siklus pertama ke siklus kedua nilai belajar siswa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus pertama nilai respon siswa ialah 79,22% dan nilai respon siswa siklus kedua ialah 85,22%. Nilai respon teman sejawat 68% dan nilai respon teman sejawat siklus kedua 84%. Hasil belajar siswa pada siklus kedua tuntas, hasil respon siswa meningkat dan hasil respon teman sejawat meningkat dikarenakan pada proses belajar mengajar guru menerapkan pendekatan melalui metode eja. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melalui pendekatan metode eja dapat memperbaiki proses belajar mengajar di kelas dan berpengaru positif terhadap peningkatan kemampuan siswa. Berdasarkan hasil tersebut pembelajaran metode eja dapat diterapkan dikelas sebagai alternatif metode belajar guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kata kunci :Meningkatkan, membaca menulis permulaan, metode eja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Apr 2016 03:13
Last Modified: 19 Apr 2016 03:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27290

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo