UMM Institutional Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG MATERI GAYA MELALUI METODE DEMONTRASI SISWA KELAS IV SDN LARANGAN LUAR II PAMEKASAN

HAIRIYAH, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG MATERI GAYA MELALUI METODE DEMONTRASI SISWA KELAS IV SDN LARANGAN LUAR II PAMEKASAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hairiyah20-33340-1-pendahul-n.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hairiyah20-33340-2-bab_i.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam akan mudah diterima dengan mudah oleh siswa jika disampaikan dengan metode yang dapat membuat siswa senang belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini diperlukan kemampuan guru dalam memilah-milah metode yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan pada siswa, karena tidak semua materi yang ada dapat menggunakan metode dan tehnik pembelajaran yang sama, dan hal ini tidaklah mudah. Oleh karena itu, penulis mengambil metode demontrasi untuk meningkatkan kualitas pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA terutama materi tentang gaya 15 siswa (75%) mencapai ketuntasan belajar dan sisanya 5 siswa (25%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan KKM 65. Metode demontrasi merupakan cara penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk sebenarnya maupun dalam bentuk tiruan yang dipertunjukkan oleh guru yang disertai dengan penjelasan lisan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan kualitatif. Sedangkan Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas didefinisikan sebagai penelitian tindakan yang (Action research) yang dilakukan oleh guru yang sekaligus sebagai peneliti dikelasnya atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) dengan jalan merancang, melaksanakan, mengamati, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu (kualitas) proses Berdasaran hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I didapatkan rata-rata nilai siswa 68,00 dan jumlah siswa yang tuntas belajarnya 14 siswa (70,00%), jadi ketuntasan klasikal belum tercapai, penilaian terhadap metode demontrasi juga belum maksimal (62,50%) dan siswa menunjukkan sikap ”kurang senang” dan ”kurang berminat” mengikuti pembelajaran. Untuk siklus II didapatkan rata-rata nilai siswa 80,50 dan jumlah siswa yang tuntas belajarnya adalah 17 siswa (85,00%), jadi ketuntasan klasikal sudah tercapai. Karena dikatakan tuntas belajar jika di kelas tersebut telah terdapat 80% siswa yang tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Apr 2016 02:19
Last Modified: 19 Apr 2016 02:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27286

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo