UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GERAK BUMI PADA SISWA KELAS VI SD PLUS NURUL JADID PAMEKASAN

ILHAMI, HAIRUL (2013) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GERAK BUMI PADA SISWA KELAS VI SD PLUS NURUL JADID PAMEKASAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hairulilha-33341-1-pendahul-n.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hairulilha-33341-2-bab1.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas VI SD Plus Nurul Jadid Pamekasan pada mata pelajaran IPA menunjukkan hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa pada materi gerak bumi tahun pelajaran 2011/2012 Dari hasil ulangan harian yang dicapai siswa kelas VI untuk pokok bahasan “gerak bumi” masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan. Dari 22 orang siswa hanya 10 orang (45,45%) yang berhasil mencapai nilai minimal 65 atau mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan sebanyak 12 orang (54,55%) masih belum tuntas atau berada di bawah KKM. Dari hasil belajar tersebut ketuntasan belajar secara klasikal dapat dikatakan belum tuntas karena berada dibawah standar yang ditetapkan yaitu 80%. sehingga siswa dikatakan belum tuntas belajar secara klasikal. Penyebab terjadinya berbagai permasalahan pada saat kegiatan pembelajaran tersebut adalah guru menggunakan metode pembelajaran kurang sesuai dengan materi yang sedang diajarkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Plus Nurul Jadid Pamekasan pada materi gerak bumi dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Plus Nurul Jadid Pamekasan pada materi gerak bumi dengan mengunakan metode demonstrasi Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas beberapa siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data hasil belajar siswa diambil dengan menggunakan test tulis. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskritif yaitu dengan cara menganalisis data hasil belajar siswa dari siklus 1 sampai siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari 23 siswa yang mengikuti tes ada 17 siswa yang memperoleh nilai ≥ nilai KKM dengan persentase 73,9% di siklus 1 sehingga dikatakan siswa belum tuntas belajar secara klasikal, kemudian meningkat menjadi 22 siswa yang memperoleh nilai ≥ nilai KKM dengan persentase 95,6% di siklus 2 sehingga dikatakan siswa tuntas belajar secara klasikal. Kata Kunci: Metode demonstrasi, Hasil Belajar, Gerak bumi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Apr 2016 02:17
Last Modified: 19 Apr 2016 02:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27285

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo