UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MENGHITUNG KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS III DI SDN BATUKERBUY IV

HAMSIYAWATI, (2013) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MENGHITUNG KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS III DI SDN BATUKERBUY IV. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hamsiyawat-33342-1-pendahul-n.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hamsiyawat-33342-2-babi.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah dalam menyajikan pelajaran guru menemukan beberapa kendala, salah satunya adalah minimnya sarana dan prasarana yang ada di sekolah tersebut, sehingga minat siswa untuk belajar sangat kurang dan akhirnya nilai pada pelajaran matematika belum dicapai secara maksimal. Dari hasil ulangan harian yang dicapai siswa kelas III materi Menghitung Keliling Persegi dan Persegi Panjang masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan. Dari 12 siswa, hanya 8 siswa (66,6%) yang berhasil mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan 65, ada 4 siswa (33,3%) masih belum tuntas. Dari penemuan masalah tersebut, penulis sebagai guru kelas III bersama teman sejawat guru sepakat bahwa untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi Menghitung Keliling Persegi dan Persegi Panjang, diperlukan media yang pas yaitu dengan penggunaan media gambar. Sesuai dengan rumusan penelitian, maka tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan penggunaan metode Demonstrasi dalam pembelajaran matematika dalam Menghitung Keliling Persegi dan Persegi Panjang pada mata pelajaran Matematika kelas III di SDN Batukerbuy IV. 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam Menghitung Keliling Persegi dan Persegi Panjang pada mata pelajaran matematika dengan penggunaan metode demonstarsi di kelas III SDN Batukerbuy IV. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/pengumpulan data dan refleksi. Selama penelitian berlangsung, peneliti dibantu oleh supervisor 2 sekaligus sebagai teman sejawat untuk memonitoring jalannya penelitian dan membantu memberikan petunjuk atau saran untuk perbaikan. Pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar mencapai 66,66 % dengan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 66,41. Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar mencapai 91,66% dengan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 84,54. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan metode demonstrasi sangat tepat untuk memperbaiki hasil belajar siswa karena sudah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam “Menghitnug keliling persegi dan persegi panjang” pada mata Pelajaran matematika di di Kelas III SDN Batukerbuy IV Kabupaten Pamekasan. Kata Kunci: Media gambar, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Apr 2016 02:13
Last Modified: 19 Apr 2016 02:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27284

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo