UMM Institutional Repository

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPSMELALUI METODE ROLE PLAYINGPADA SISWA KELAS IV SDN LAWAK I KECAMATAN NGIMBANG KABUPATEN LAMONGAN

DWIGALITA, JOHAR (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPSMELALUI METODE ROLE PLAYINGPADA SISWA KELAS IV SDN LAWAK I KECAMATAN NGIMBANG KABUPATEN LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-johardwiga-33345-1-pendahul-n.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-johardwiga-33345-2-babi.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan hasil observasi di SDN Lawak I yang prestasi dan aktivitas belajarnya masih rendah, hasil yang diperoleh siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi penduduk kurang memuaskan. Hal ini terbukti dari 8 siswa hanya 4 siswa yang mendapat nilai diatas 70. Jadi ketuntasan siswa kelas IV hanya 50% Ini dipengaruhi oleh faktor:1)Metode yang digunakan membosankan, 2) Guru kurang memotivasi siswa sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian iniuntuk: Mendeskripsikan penerapan metode Role Playing dan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi penduduk siswa kelas IV SDN Lawak I kecamatan Ngimbang kabupaten Lamongan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan metode Role Playing. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SDN Lawak I siswa kelas IV berjumlah 8 siswa pada semester 2 tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data yaitu menggunakan lembar observasi aktivitas yang diisi oleh observer. Angket digunakan untuk mengetahui tanggapan guru dan peserta didik terhadap proses pembelajaran. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, sedangkan analisis aktivitas belajar siswa dan ketuntasan belajar siswa dalam penelitian ini dilakukan dalam proses, yaitu terdiri dari 3 tahap: Pengolahan data, menyajikan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1)Metode Role Playing dapat meningkatkan partisipasi dalam pembelajaran hal ini terlihat peningkatan unjuk kerja dari 75% pada siklus I meningkat pada siklus II menjadi 100%. 2) Prestasi belajar setelah diterapkannya metode Role Playing mengalami peningkatan dari 8 siswa kelas IV terdapat 5 siswa yang tuntas dan yang tidak tuntas 3 siswa pada siklus I, dan pada siklus II dari 8 siswa kelas IV terdapat 7 siswa telah tuntas dan 1 siswa belum tuntas, rata-rata klasikal juga mengalami peningkatan dari 62,5 % menjadi 87,5 %. Kata kunci: Role Playing, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Apr 2016 02:02
Last Modified: 19 Apr 2016 02:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27281

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo