UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN METODE HITUNG JARITMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN PANGKATREJO II KECAMATAN SUGIO KABUPATEN LAMONGAN

ERNAWATI, DWI (2013) PENGGUNAAN METODE HITUNG JARITMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN PANGKATREJO II KECAMATAN SUGIO KABUPATEN LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiernawat-33365-1-pendahul-n.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiernawat-33365-2-babi.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Matematika cenderung dianggap sulit dan menakutkan oleh sebagian besar kalangan, termasuk anak-anak. Mereka merasa sangat terbebani oleh tugas-tugas yang diberikan guru dalam kegiatan pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran hitung perkalian. Sehingga mereka kurang termotifasi untuk belajar matematika. Adanya bentuk keterpaksaan menjadikan mereka sering mengalami kesulitan manakala dihadapkan pada soal-soal matematika. Guru merupakan salah satu faktor yang dominan dalam tercapainya tujuan pembelajaran di sekolah. Seorang guru harus memiliki kompetensi, dan dapat melakukan variasi-variasi dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu variasi yang dapat digunakan adalah penggunaan metode jarimatika dalam materi hitung perkalian, yaitu sebuah metode yang menjadikan materi perkalian dalam mata pelajaran matematika menjadi pelajaran yang sangat menyenangkan dan tidak lagi menakutkan bagi siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan penggunaan metode jarimatika dalam peningkatan hitung perkalian di kelas IV SDN Pangkatrejo II kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan, (2) Bagaimana efektifitas penggunaan metode jarimatika pada pembelajaran hitung perkalian di kelas IV SDN Pangkatrejo II kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui penerapan dan efektifitas penggunaan metode jarimatika pada pembelajaran hitung perkalian di kelas IV. Model yang dipilihdalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR).Pelaksanaannnya menggunakan sisten siklus yakni dengan melakukan dua siklus dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengumpulan data, dan revleksi. Data utama yang dikumpulkan adalah hasil pengamatan aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran serta hasil belajar siswa. Kesimpulannya, bahwa penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan hitung perkalian dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN Pangkatrejo II Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Apr 2016 01:54
Last Modified: 19 Apr 2016 01:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27278

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo