UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI METODE DISKUSI SISWA KELAS IV SDN SUKOBENDU I KECAMATAN MANTUP KABUPATEN LAMONGAN

IFAQODAH, ENIS (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI METODE DISKUSI SISWA KELAS IV SDN SUKOBENDU I KECAMATAN MANTUP KABUPATEN LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-enisifaqod-33366-1-pendahul-n.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-enisifaqod-33366-2-babi.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan memahami gaya siswa kelas IV SDN Sukobendu I, Kecamatan Mantup, KabupatenLamonga. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa siswa merasa kesulitan untuk memahami gaya dapat mengubah gerak suatu benda. Siswa juga selalu mengalami kesulitan dalam memahami gaya dorongan dantarikan dapat mengubah gerak suatu benda, serta kesalahan dalam membedakan gaya dorongan dan tarikan. Penelitian ini bertujua untuk dapat mengetahui proses penggunaan metode diskusi dalam memahami gaya dan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami gaya dengan menggunakan metode diskusi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, danrefleksi. Siklus I dilakukandalam 2 kali pertemuandansiklus II dilakukandalamsatu kali pertemuan. Siklus I dansiklus II dilakukan dengan focus pembelajaran adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami gaya dengan menggunakan metode diskusi. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam memahami gaya dari siklus I kesiklus II. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa secara klasikal bahwa pada siklus I sebesar 45% siswa yang tuntas atau mampu dalam memahami gaya dengan baik, sedangkan 55% siswa belum mampu dalam memahami gaya dengan baik. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 95% siswa sudah tuntas atau sudah mampu dalam memahami gaya dengan baik dan sebesar 5% siswa belum mampu dalam memahami gaya dengan baik. Penelitian ini dikatakan berhasil karena presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus II telah melebihi dari criteria ketuntasan belajar siswa yaitu 70%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Apr 2016 01:50
Last Modified: 19 Apr 2016 01:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27277

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo